Reaksi Pasar Atas Pengumuman Investasi Teknologi Informasi Perusahaan Tercatat Dalam Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh investasi teknologi informasi atas nilai
perusahaan dalam era revolusi industri 4.0 di Indonesia. Metode yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah event study analysis dengan purposive sampling
sebagai metode pemilihan sampel yang kemudian diperoleh 30 perusahaan yang
melakukan pengumuman investasi teknologi informasi sepanjang tahun 2018-
2020. Beta yang digunakan untuk perhitungan Abnormal return dalam penelitian
ini adalah beta tradisional model pasar serta beta koreksian Dimson dan Scholes Williams karena jenis pasar Indonesia yang meruapakan pasar thin trading. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengumuman investasti
teknologi informasi pada nilai perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya reaksi
pasar yang cenderung terlambat yakni pada hari ke-59 setelah munculnya
pengumuman. Hasil penelitian juga bahwa investor cenderung bereaksi positif
terhadap pengumuman investasi teknologi informasi yang dilakukan perusahaan
pada tahun 2020.
Collections
- MT-Accounting [51]