Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Nusantara Tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Gelangkulon Ponorogo
Abstract
Pembelajaran pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku, subtema 2
keragaman budaya di negeriku, pembelajaran 4 terintegrasi mata pelajaran IPS
dengan materi pokok keragaman budaya bangsa, mata pelajaran PPKn dengan
materi pokok menghargai keragaman budaya bangsa, dan mata pelajaran bahasa
Indonesia dengan materi pokok gagasan pokok dan informasi baru.
Pengintegrasiaan materi pada pembelajaran 4 ini cukup menarik, terlebih jika
dalam pembelajaran ini didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang
kreatif serta inovatif, sehingga pembelajaran lebih efektif, menyenangkan, dan
bermakna bagi siswa.
Pembelajaran pada tema tersebut, guru hanya menggunakan media berupa
gambar dan tabel keragaman budaya yang terdapat pada buku siswa, sehingga
pengetahuan yang diperoleh siswa kurang mendalam mengenai pokok bahasan
yang dipelajari. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang kurang
bervariasi membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam kegiatan
pembelajaran. Mengingat bahwa siswa SD memiliki karakteristik senang bermain,
senang berkelompok, dan senang melakukan sesuatu secara langsung, maka dapat
menggunakan media pembelajaran berupa permainan dengan memberikan suatu
inovasi sesuai pokok bahasan yang disajikan. Berdasarkan permasalahan tersebut,
maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah validitas dan
hasil pengembangan media pembelajaran ular tangga nusantara tema indahnya
keragaman di negeriku untuk siswa kelas IV SDN 2 Gelangkulon Ponorogo?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (research
based development) oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan sampai 8 tahapan
yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3)
pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain
produk; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba
keefektifan produk. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, angket, tes
hasil belajar, dan dokumentasi.
Hasil validitas pengembangan media pembelajaran ular tangga nusantara
tema indahnya keragaman di negeriku untuk siswa kelas IV SDN 2 Gelangkulon
Ponorogo menunjukkan valid. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli
materi, diperoleh skor 97 dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu, media
pembelajaran ular tangga nusantara menunjukkan sangat layak untuk digunakan
saat uji coba penggunaan. Hasil pengembangan media pembelajaran ular tangga
nusantara menunjukkan praktis dan efektif. Berdasarkan uji coba penggunaan,
respon positif siswa memperoleh skor 88,12%, sehingga media pembelajaran ular
tangga nusantara sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan uji coba keefektifan produk, perbandingan hasil belajar siswa
diperoleh nilai rata-rata pretest dengan skor 60,50, sedangkan nilai rata-rata
postest diperoleh skor 79,75. Hal ini menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa
meningkat sebesar 19,25. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh
skor 87,50% dengan kategori sangat baik, sehingga media ular tangga nusantara
sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan pemaparan di atas, saran yang dapat diberikan yaitu bagi
guru, hendaknya dalam mengajar menggunakan media pembelajaran yang
bervariasi, sehingga siswa selalu termotivasi, semangat untuk terus belajar, serta
terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Bagi siswa,
hendaknya media ular tangga nusantara ini dapat digunakan sebagai sumber
belajar untuk memperoleh pengetahuan dan sebagai alat bantu yang berfungsi
untuk mempermudah memahami materi. Bagi peneliti lain, hendaknya mencari
sumber referensi yang relevan untuk memperkuat penelitian dan menghindari
pengulangan penelitian dengan pokok bahasan yang sama.