• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Nusantara Tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Gelangkulon Ponorogo

    Thumbnail
    View/Open
    Yunia Nur Rohmayani-170210204037.pdf (7.598Mb)
    Date
    2022-02-08
    Author
    ROHMAYANI, Yunia Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku, subtema 2 keragaman budaya di negeriku, pembelajaran 4 terintegrasi mata pelajaran IPS dengan materi pokok keragaman budaya bangsa, mata pelajaran PPKn dengan materi pokok menghargai keragaman budaya bangsa, dan mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi pokok gagasan pokok dan informasi baru. Pengintegrasiaan materi pada pembelajaran 4 ini cukup menarik, terlebih jika dalam pembelajaran ini didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang kreatif serta inovatif, sehingga pembelajaran lebih efektif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa. Pembelajaran pada tema tersebut, guru hanya menggunakan media berupa gambar dan tabel keragaman budaya yang terdapat pada buku siswa, sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa kurang mendalam mengenai pokok bahasan yang dipelajari. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran. Mengingat bahwa siswa SD memiliki karakteristik senang bermain, senang berkelompok, dan senang melakukan sesuatu secara langsung, maka dapat menggunakan media pembelajaran berupa permainan dengan memberikan suatu inovasi sesuai pokok bahasan yang disajikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah validitas dan hasil pengembangan media pembelajaran ular tangga nusantara tema indahnya keragaman di negeriku untuk siswa kelas IV SDN 2 Gelangkulon Ponorogo? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (research based development) oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan sampai 8 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan produk. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil validitas pengembangan media pembelajaran ular tangga nusantara tema indahnya keragaman di negeriku untuk siswa kelas IV SDN 2 Gelangkulon Ponorogo menunjukkan valid. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi, diperoleh skor 97 dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu, media pembelajaran ular tangga nusantara menunjukkan sangat layak untuk digunakan saat uji coba penggunaan. Hasil pengembangan media pembelajaran ular tangga nusantara menunjukkan praktis dan efektif. Berdasarkan uji coba penggunaan, respon positif siswa memperoleh skor 88,12%, sehingga media pembelajaran ular tangga nusantara sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uji coba keefektifan produk, perbandingan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pretest dengan skor 60,50, sedangkan nilai rata-rata postest diperoleh skor 79,75. Hal ini menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa meningkat sebesar 19,25. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh skor 87,50% dengan kategori sangat baik, sehingga media ular tangga nusantara sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan pemaparan di atas, saran yang dapat diberikan yaitu bagi guru, hendaknya dalam mengajar menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa selalu termotivasi, semangat untuk terus belajar, serta terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Bagi siswa, hendaknya media ular tangga nusantara ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk memperoleh pengetahuan dan sebagai alat bantu yang berfungsi untuk mempermudah memahami materi. Bagi peneliti lain, hendaknya mencari sumber referensi yang relevan untuk memperkuat penelitian dan menghindari pengulangan penelitian dengan pokok bahasan yang sama.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108279
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository