Show simple item record

dc.contributor.authorNIHAYATUL W., Roseka
dc.date.accessioned2022-07-07T05:31:09Z
dc.date.available2022-07-07T05:31:09Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108231
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKecerdasan intrapersonal anak usia dini adalah kemampuan yang dimiliki seorang anak dalam memahami atau mengenal diri sendiri mengenai kelebihan maupun kelemahannya. Membangun anak agar memiliki kercerdasan intaperonal tentunya tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penggunaan media pembelajaran ini untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pada penelitian ini media yang digunakan untuk menstimulus kecerdasan intrapersonal pada anak berupa media TAKIDU (Teka-Teki Dadu). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses dan hasil dari pengembangan media TAKIDU (Teka-Teki Dadu) terhadap kecerdasan intrapersonal anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan media TAKIDU (Teka-Teki Dadu) terhadap kecerdasan intrapersonal anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket respon guru terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan media pembelajaran TAKIDU (Teka-Teki Dadu) ini terdapat beberapa langkah yang dilakukan, yaitu (1) mengidentifikasi masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) mendesain produk; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi massal. Namun, tahapan dalam penelitian pengembangan yang dilakukan, peneliti hanya meksanakan sampai tahap kesembilan. Pada tahap produksi massal belum dapat terlaksana, peneliti hanya memproduksi media pembelajaran TAKIDU sesuai permintaan sekolah. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan media TAKIDU (Teka Teki Dadu) yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan media TAKIDU (Teka-Teki Dadu) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dibidang media dan validator dari praktisi, (2) berdasarkan pembelajaran dengan menggunakan media TAKIDU (Teka-Teki Dadu) dikategorikan efektif karena aktivitas anak rata-rata menunjukkan nilai diatas 80, serta hasil ketercapaian indikator kecerdasan intrapersonal yaitu 4,3 dengan interpretasi tinggi, dan (3) pembelajaran dengan menggunakan media TAKIDU (Teka-Teki Dadu) dikategorikan praktis karena aktivitas guru menunjukkan persentase diatas rata rata yaitu 90% dengan interpretasi baik. Respon guru juga positif ketika mengajar menggunakan media teka-teki dadu ini anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Saran dari penelitian pengembangan media TAKIDU (Teka-Teki Dadu) yang telah dilaksanakan adalah media pembelajaran TAKIDU (Teka-Teki Dadu) dapat menjadi salah satu masukan dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak serta dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat media pembelajaran selanjutnya.en_US
dc.description.sponsorshipDra. Khutobah, M.Pd (Dosen Pembimbing) Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia TAKIDUen_US
dc.subjectTK Darma Wanita IIen_US
dc.titlePengembangan Media Takidu Teka-Teki Dadu Terhadap Kecerdasan Intrapersonal Anak Kelompok a TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record