• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Stilistika dalam Dwilogi Novel Rahvayana Karya Sujiwo Tejo dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ILHAM ADI SETIAWAN.pdf (2.158Mb)
    Date
    2022-03-02
    Author
    SETIAWAN, Ilham Adi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena stile yang digunakan pengarang untuk menimbulkan efek estetis, khususnya dalam karya sastra menjadi daya tarik untuk dikaji lebih mendalam. Stile pengarang dalam menciptakan novel tersebut, dapat diketahui dengan kajian stilistika. Stilistika merupakan disiplin ilmu yang digunakan untuk menganalisis stile/gaya bahasa. Selain itu, stilistika memiliki keistimewaan, yakni dapat digunakan untuk mengungkap ideologi pengarang dari bahasa yang digunakannya. Penelitian ini, termasuk jenis stilistika genetis karena objek yang diteliti adalah salah satu novel yang diciptakan oleh seorang pengarang. Pembacaan awal pada dwilogi novel Rahvayana tampak stile Sujiwo Tejo yang ditinjau dari aspek kebahasaan berupa diksi, majas, dan citraan sebagai berikut; pertama, indikasi diksi yang digunakannya dalam dwilogi novel Rahvayana berupa kata vulgar. Kata vulgar yang digunakannya untuk menyampaikan berbagai ekspresi; kedua, indikasi majas terdapat dalam dwilogi novel Rahvayana berkaitan dengan majas perbandingan dan pertentangan. Majas tersebut digunakan untuk menyampaikan berbagai kritikan; ketiga, indikasi citraan yang terdapat dalam dwilogi novel Rahvayana berkaitan dengan citraan-citraan intelektual. Citraan intelektual digunakannya untuk menstimulus intelektualitas pembaca. Ideologi Sujiwo Tejo yang direfleksikan Sujiwo Tejo dalam dwilogi novel Rahvayana ialah bentuk dekontruksi pemikiran pengarang dan kritik tentang epos Ramayana yang ditulis oleh Resi Walmiki. Hasil penelitiaan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran apresiasi sastra di SMA kelas XII semester genap Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif melalui pendekatan stilistika genetis. Sumber data dalam penelitian ini adalah dwilogi novel Rahvayana karya Sujiwo Tejo dan silabus kurikulum 2013 revisi 2018 pada tingkat SMA kelas XII. Data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan yang ada dalam novel, berupa kata, kalimat, paragraf, atau wacana yang merepresentasikan bentuk stile Sujiwo Tejo dalam dwilogi novel Rahvayana, berbagai referensi yang berkaitan dengan ideologi Sujiwo Tejo, dan silabus digunakan sebagai acuan alternatif materi pembelajaran pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yakni metode analisis data stilistika genetis. Hasil temuan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) diksi yang dominan digunakan Sujiwo Tejo dalam dwilogi novel Rahvayana berupa kata vulgar dan kata serapan. Kata vulgar yang terdapat didalamnya, bertujuan sebagai ekspresi kekaguman, kritikan, simbol keakraban dan kata serapan (adaptasi dan adopsi), bertujuan sebagai ekspresi kritikan dan menciptakan latar waktu modern dalam dwilogi novel Rahvayana; (2) majas yang dominan digunakan Sujiwo Tejo dalam dwilogi novel Rahvayana berupa majas perbandingan dan pertentangan. Majas perbandingan dan pertentangan yang digunakan Sujiwo Tejo bersifat analogi-ekspresi kritikan, kekesalan, kekecewaan, kerinduaan, dan dekonstruksi pemikiran; (3) citraan yang dominan digunakan Sujiwo Tejo berupa citraan intelektual, bertujuan untuk menstimulus daya imajiner pembaca. Citraan intelektual digunakannya sebagai ekpresi ketulusan, menenangkan hati dan dekonstruksi pemikiran; (4) ideologi Sujiwo Tejo dalam dwilogi novel Rahvayana yang ditinjau dari aspek biografi, sosiohistoris, dan kondisi sosial budaya masyarakat merefleksikan ideologi ketulusan dan ketekunan dalam memperjuangkan cinta, hingga titik darah penghabisan; (5) hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas 12 semester dua dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel yang berpedoman pada kurikulum 2013 sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108226
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository