• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Literasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SDN 2 Kedunggebang Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    GANISTYA MARETA PUTRI - 170210204106.pdf (2.879Mb)
    Date
    2021-07-14
    Author
    PUTRI, Ganistya Mareta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Literasi matematis adalah kapasitas atau potensi siswa secara individual untuk dapat merumuskan, menerapkan konsep serta menginterpretasikan ilmu matematika dalam konteks tertentu. Potensi siswa yang memiliki cakupan nalar dan mengkonstruk konsep, prosedural, menggambarkan fakta dan alat matematis, serta mampu menjelaskan dan memberikan suatu prediksi fenomena dalam hitungan matematis sehingga matematika dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari saat terdapat problematik yang harus diselesaikan secara logis. Berdasarkan pada jenis data penelitian, dan fenomena atau masalah yang dikaji penelitian ini mengambil jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dilakukan untuk menganalisis atau mendiskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VI SDN 2 Kedunggebang dengan dasar kemampuan matematika yang diklasifikasikan menjadi tiga level yakni level rendah, level sedang, level tinggi. Analisis literasi matematis siswa didasarkan pada kemampuan merumuskan masalah, mengoperasikan atau menerapkan konsep, menginterpretasikan jawaban. Subjek penelitian yang dimaksudkan adalah responden dalam penelitian adalah siswa kelas VI total 28 siswa dengan jumlah 9 siswa laki-laki dan jumlah 19 siswa perempuan. Analisis literasi matematis menggunakan soal dengan ketentuan yakni dua butir soal LOTS dan dua butir soal HOTS disesuaikan dengan indikator literasi matematis. Proses wawancara hanya diambil dua siswa tiap kategori kemampuan matematika karena keterbatasan waktu yang dimiliki saat penelitian, pengkategorian tersebut dilakukan dengan cara memasukkan siswa kedalam kategori berdasarkan nilai KKM yang SDN 2 Kedunggebang gunakan yakni nilai 75. Didapatkan 7 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, 16 siswa yang memiliki kemampuan sedang dan 5 siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Siswa dengan kemampuan matematika yang rendah mampu menyelesaikan literasi matematis merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan interpretasi dengan runtut dan tepat pada 1 soal dari 4 soal yang diberikan, ditunjukkan oleh jawaban 1 soal dengan tepat, satu soal dengan tidak tepat dari 4 soal yang diberikan yakni tidak mampu menuliskan rumusan masalah dengan tepat, dan menyelesaikan masalah hingga menginterpretasikan persoalan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu menyelesaikan literasi matematis merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan interpretasi dengan runtut dan tepat pada 2 soal dari 4 soal yang diberikan, ditunjukkan oleh jawaban 2 soal dari 4 soal yang diberikan yaitu mampu menuliskan rumusan masalah diketahui dan ditanyakan dengan tepat, menerapkan konsep dan menginterpretasikan persoalan pada soal nomor 1 dan soal nomor 2, sedangkan pada soal nomor 3 dan soal nomor 4 siswa kesulitan untuk merumuskan masalah sehingga siswa juga tidak mampu memenuhi menerapkan konsep dan menginterpretasikan persoalan. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan literasi matematis merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan interpretasi dengan runtut dan tepat pada 3 soal dari 4 soal yang diberikan, ditunjukkan oleh jawaban menjawab 3 soal dari 4 soal yang diberikan bahwa siswa mampu menuliskan rumusan masalah diketahui dan ditanyakan dengan tepat, menerapkan konsep hingga menginterpretasikan persoalan dengan tepat pada soalan nomor 1 dan soal 2, sedangkan sisanya terdapat beberapa siswa yang mengerjakan soal nomor 3 dan soal nomor 4. Hasil tersebut juga dibandingkan dengan penelitian lain maupun hasil literasi oleh PISA, sehingga tidak jauh berbeda dengan kesimpulan yang didapatkan. Secara umum literasi haruslah dilakukan dengan runtut dan dapat diselesaikan hingga interpretasi. Penelitian yang dilakukan oleh Aeni (2020) mendapat hasil yakni literasi matematis cenderung mengikuti kemampuan matematika siswa, oleh karena itu, penelitian ini juga menunjukkan hal serupa yakni literasi matematis siswa merupakan representasi dari kemampuan matematika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108131
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository