• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Discovery Learning dan Model Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Historical Consciousness dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    FINKY ARYA YONANDHA - 160210302062.pdf (2.091Mb)
    Date
    2021
    Author
    YONANDHA, Finky Arya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tantangan pergeseran paradigma belajar terbaru juga menjadi suatu prinsip yang harus dipenuhi (Bower, 2018). Tuntutan peserta didik dalam memenuhi keterampilan 4C’s ialah dengan (1) meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mendapatkan ide, (2) meningkatkan berpikir kritis dan memecahkan masalah guna menarik kesimpulan berdasarkan analisa, (3) meningkatkan komunikasi dengan mengungkapkan ide yang efektif dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan, (4) saling berkolaborasi dengan saling menghargai kontribusi terhadap anggota kelompok (Wartono dkk, 2018). Kemampuan dalam keterampilan 4C’s mampu membekali peserta didik mengahadapi pembelajaran di era digital yang membangun paradigma peserta didik dalam pembelajaran sejarah menjadi lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan Historical Consciousness antara peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning dan peserta didik yang diajar menggunakan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT), (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning dan peserta didik yang diajar menggunakan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT), dan (3) Menginvestigasi pengaruh antara metode Discovery Learning dan metode Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) terhadap Historical Consciousness dan hasil belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMA Negeri 3 Jember dengan jumlah 68 peserta didik. Jenis Penelitian ini True Experimental Design dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) kuisioner, dan (4) tes. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain dengan bantuan SPSS versi 22 for windows. Hasil Penelitian ini adalah hasil analisis uji Paired Sample T-Test pada pretest dan posttest historical consciousness kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama memperoleh nilai signifikasi 0,000 (0,000 < 0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka menunjukkan bahwa sama-sama terdapat perbedaan yang signifikan historical consciousness peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Discovery Learning maupun peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/ CT). Besar perbedaan keefektifan model pembelajaran Discovery Learning dan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) terhadap historical consciousness peserta didik diketahui dari hasil uji N-Gain, hasil kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 35,66 dan hasil uji N-Gain kelas eksprimen memperoleh rata-rata sebesar 56,37 (N-Gain eksperimen>N-Gain kontrol) dapat disimpulkan, nilai historical cosnciousness kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/ CT) lebih efektif. Hasil analisis uji Paired Sample T-Test pada pretest dan posttest hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama memperoleh nilai signifikasi 0,000 (0,000 < 0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka menunjukkan bahwa sama-sama terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Discovery Learning maupun peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/ CT). Besar perbedaan keefektifan model pembelajaran Discovery Learning dan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) terhadap hasil belajar peserta didik diketahui dari data nilai pretest dan posttest hasil belajar peserta didik. Data nilai pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 37,97 dan hasil uji N-Gain kelas eksprimen memperoleh rata-rata sebesar 61,01 (N-Gain eksperimen>N-Gain kontrol) dapat disimpulkan, nilai hasil belajar kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/ CT) lebih efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108124
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository