Pengaruh Religiositas, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Al Qodiri
Abstract
Semakin pesat tingkat pertumbuhan ekonomi dan tingkat persaingan yang
semakin ketat terhadap dunia bisnis terutama di bidang industri yakni usaha Air
Minum Dalam Kemasan (AMDK), membuat perusahaan perlu menciptakan serta
mengembangkan sebuah strategi yang handal baik dari pemasarannya agar dapat
bersaing dengan perusahaan lain atau di pasar sehingga dapat menarik dan bisa
mempertahankan Image perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan yang berjalan
di bidang industry AMDK harus mempertahankan konsumen dengan memberikan
inovasi terhadap produk yang di pasarkan agar dapat menarik perhatian konsumen
dan mempertahankan konsumen dalam menciptakan keputusan pembelian terhadap
produk tersebut. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen
melakukan keputusan pembelian yakni faktor religiositas, citra merek, dan kualitas
produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mempengaruhi pengaruh dari
religiositas, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada
suatu produk yang dipasarkan. Jenis penelitian dalam hal ini yakni Kuanitaif dan
penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi yang digunakan
yakni masyarakat yang ada di Kabupaten Jember yang berjumlah 2.536.729 jiwa
menurut sesnus penduduk 2020, dan 100 responden yang ikut berpartisipasi dengan
menggunakan rumus slovin dan responden dalam penelitian ini merupakan
kosnumen yang pernah melakukan pembelian terhadap AMDK Al Qodiri. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan
metode pengisian kuisnioner dengan menggunakan google formulir.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan data
yang diperoleh setelah diolah menunjukkan hasil dari uji t dari variabel independen
secara persial berpengaruh positif terhadap variabel dependen yakni keputusan
pembelian. Variabel religiositas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,014 (0,014 < 0,05), citra merek
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yakni dengan nilai
signifikansi 0,024 (0,024 < 0,05), kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian yakni dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 (0,019 < 0,05).
Sedangkan untuk hasil uji F menunjukkan bahwa variabel religiositas,citra merek
dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.