• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi dalam Pembelajaran Fisika di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    ELLA MARIA ULFA - 170210102043.pdf (1.820Mb)
    Date
    2021-08-04
    Author
    ULFA, Ella Maria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran memiliki prinsip dasar meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa dan membantu siswa agar mengetahui potensi apa saja yang mereka miliki untuk meningkatkan pemahaman materi yang mereka pelajari baik suatu kejadian yang mereka alami, konsep materi dan prisip materi yang dikaji. Pemanfaatan media pembelajaran dapat diaplikasikan pada pembelajaran fisika yang dimanfaatkan sebagai perantara dalam suatu pembelajaran yaitu bahan ajar. Sumber belajar yang digunakan oleh siswa mempengaruhi proses pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan strategi yang digunakan oleh pendidik. Masa pandemi covid-19 yang melanda saat ini perlu adanya solusi bagi siswa dan guru untuk melaksanakan pembelajaran secara efektif. Media pembelajaran yang dapat menunjang peserta didik dalam belajar mandiri yaitu modul. Penggunaan/penyusunan modul oleh pendidik terkait keterampilan abad 21 untuk mengimbangi dunia pendidikan di era modern dapat dikolaborasikan dengan model, metode dan pendekatan dalam pembelajaran, salah satunya pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas modul fisika terintegrasi STEM pada pokok bahasan usaha dan energi dalam pembelajaran fisika di SMA, mendeskripsikan efektivitas modul fisika terintegrasi STEM pada pokok bahasan usaha dan energi dalam pembelajaran fisika di SMA, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap modul fisika terintegrasi STEM pada pokok bahasan usaha dan energi dalam pembelajaran fisika di SMA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Nieeven yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research (penelitian awal), prototyping stage (tahap desain), assessment stage (tahap penilaian). Prosedur penelitian ini dijabarkan sebagai berikut (1) mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan, dan karakteristik siswa serta kajian literatur, (2) merancang perangkat modul fisika terintegrasi STEM, (3) mengumpulkan materi serta membuat produk sesuai design yang telah ditentukan serta membuat instrumen penilaian produk serta divalidasikan sesuai dengan standar kelayakan modul, (4) mengimplementasikan modul sesuai dengan kondisi lapangan, (5) Menganalisis data keefektifan modul, (6) Finalisasi produk. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, soal pretest dan posttest serta angket respon siswa. Teknik pengolahan data yang dilakukan ialah analisis validasi, keefektifan dan angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik penskoran dan presentase untuk validasi, menggunakan N-gain untuk keefektifan dan percentage of agreement untuk mengukur respon siswa terhadap modul fisika teritegrasi STEM. Hasil dari produk pengembangan dalam penelitian ini berupa modul fisika terintegrasi STEM pada pokok bahasan usaha dan energi dalam pembelajaran fisika di SMA. Modul fisika terintegrasi STEM dinyatakan valid dan layak digunakan dengan skor 3,52 dan prosentase sebesar 87,90%. Modul juga dianggap efektif digunakan dalam pembelajaran dengan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap modul fisika terintegrasi STEM mendapatkan hasil perolehan sebesar 77,75% dengan kategori positif artinya siswa merespon positif dengan adanya pengembangan modul fisika berbasis STEM. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu dapat menghasilkan produk pengembangan berupa modul yang valid berdasarkan penilaian ahli dan pengguna, modul juga dinyatakan efektif sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar. Pengembangan modul juga mendapat respon yang positif dari siswa sehigga praktis untuk digunakan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108078
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository