Show simple item record

dc.contributor.authorSETYANI, Ana
dc.date.accessioned2022-06-28T02:36:05Z
dc.date.available2022-06-28T02:36:05Z
dc.date.issued2021-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108012
dc.description.abstractPT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyedia tunggal jasa kereta api di Indonesia turut andil dalam meningkatkan pendayagunaan teknologi di dalam perkembangan perusahaannya. Adopsi teknologi sebagai bentuk self-service technology yang diterapkan salah satunya yaitu mobile ticketing KAI Access. KAI Access adalah sarana pembelian tiket kereta berbasis online yang bisa dilakukan secara mandiri oleh konsumen, terdapat 4 karakteristik dalam self-service technology yang terdiri dari: easy to use (kemudahan penggunaan), usefullness (kegunaan), saving cost (hemat biaya), dan self-control (pengendalian diri). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Self-service Technology KAI Access pada PT. Kereta Api Indonesia Daop 9 Jember. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa self-service technology KAI Access berfungsi sebagai media untuk pembelian tiket kereta api secara mandiri bagi konsumen. Sistem ini sudah dapat diandalkan oleh para penggunanya karena ix telah berfungsi sebagaimana mestinya. KAI Access membuat pengguna lebih mudah untuk mendapatkan tiket kereta api. KAI Access mudah digunakan karena setiap layanan, baik dari proses registrasi akun, transaksi pemesanan tiket, pembayaran, bahkan ubah jadwal ataupun pembatalan tiket, masing-masing memiliki instruksi yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami. Pengguna bisa menghemat biaya karena bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja dan nyaman karena bisa melakukan transaksi secara mandiri tanpa harus bergantung pada penyedia layanan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Sasongko, M. Si. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Suhartono, M. P.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectSELF-SERVICE TECHNOLOGYen_US
dc.subjectKAI ACCESSen_US
dc.titleSelf-service Technology KAI Access pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record