• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Self-service Technology KAI Access pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ana Setyani - 140910202006.pdf (2.513Mb)
    Date
    2021-06-28
    Author
    SETYANI, Ana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyedia tunggal jasa kereta api di Indonesia turut andil dalam meningkatkan pendayagunaan teknologi di dalam perkembangan perusahaannya. Adopsi teknologi sebagai bentuk self-service technology yang diterapkan salah satunya yaitu mobile ticketing KAI Access. KAI Access adalah sarana pembelian tiket kereta berbasis online yang bisa dilakukan secara mandiri oleh konsumen, terdapat 4 karakteristik dalam self-service technology yang terdiri dari: easy to use (kemudahan penggunaan), usefullness (kegunaan), saving cost (hemat biaya), dan self-control (pengendalian diri). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Self-service Technology KAI Access pada PT. Kereta Api Indonesia Daop 9 Jember. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa self-service technology KAI Access berfungsi sebagai media untuk pembelian tiket kereta api secara mandiri bagi konsumen. Sistem ini sudah dapat diandalkan oleh para penggunanya karena ix telah berfungsi sebagaimana mestinya. KAI Access membuat pengguna lebih mudah untuk mendapatkan tiket kereta api. KAI Access mudah digunakan karena setiap layanan, baik dari proses registrasi akun, transaksi pemesanan tiket, pembayaran, bahkan ubah jadwal ataupun pembatalan tiket, masing-masing memiliki instruksi yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami. Pengguna bisa menghemat biaya karena bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja dan nyaman karena bisa melakukan transaksi secara mandiri tanpa harus bergantung pada penyedia layanan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108012
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5715]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository