dc.description.abstract | Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini sudah berkembang sangat pesat,
sehingga gaya hidup masyarakat menjadi konsumtif dengan berkembangnya
zaman, dan teknologi yang semakin canggih saat ini, masyakarat sangat cerdas dan
semakin selektif dalam memilih suatu produk yang digunakannya dalam sehari -
hari maupun sebagai barang koleksi. Dengan begitu, hal ini menutut setiap
perusahaan untuk saling bersaing dalam dunia bisnis dengan menciptakan inovasi
baru agar dapat berkembang dan tetap eksis dalam bidangnya. Suatu perusahaan
dapat bertahan dan berkembang dalam bisnisnya karna adanya strategi pemasaran
yang tepat dalam pengelolaannya sehingga tujuan utama dari perusahaan tersebut
dapat tercapai. Adapun beberapa faktor yang membuat produk dari sebuah
perusahaan memiliki branding image dimata konsumen, salah satunya peran dari
jasa event organizer yang digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan
produknya sebagai brand terbaik melalui event tahunan atau pameran sehingga
dikenal oleh konsumen. Prinsip dan tujuan event organizer, untuk membantu
customer atau client agar dapat menyelenggarakan acara yang telah direncanakan
atau diinginkan.
PT. Inti Global 99 telah berhasil menangani beberapa event dan membangun
kepercayaan client terhadap hasil kinerja yang profesional dari PT. Inti Global 99.
Salah satunya adalah PT. Nestle Kejayan Factory yang mempercayakan PT. Inti
Global 99 untuk mengatur event Golden Diary Award yang diadakan rutin setiap
tahunnya sebagai apresiasi para karyawan yang berprestasi di bidangnya. Event
Golden Dairy Award 2021 kali ini diadakan di PT. Nestle Kejayan Factory,
Pasuruan. Setiap tahunnya event Golden Diary Award memiliki konsep yang
beragam seperti di tahun ini tema yang diambil adalah carnaval namun, konsep
yang dijalankan sangat berbeda dari tahun – tahun sebelumya karena harus
xi
memenuhi syarat protokol kesehatan menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI
Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi
Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan
Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Di balik keberhasilan PT.
Inti Global 99 dalam menyelenggarakan event tersebut tentunya ada pihak ke tiga
atau yang biasa disebut vendor yang diajak bekerjasama, karena sebuah event
organizer memerlukan persiapan yang matang untuk melaksanakan sebuah acara.
Dalam proses kerja sama antara event organizer dengan vendor tentunya perlu
adanya kontrak, berikut adalah tahapan – tahapan yang disampaikan oleh Bowdin
(2003) antara lain: Intention, Merupakan tahapan penentuan tujuan, Pada tahapan
ini PT. Global 99 mengutarakan ide atau rencana event dari klien PT. Nestle
Kejayan Factory yang akan dilaksanakan kepada vendor yang dipilih. Jika
pengenalan dan penawaran oleh vendor tersebut cocok maka pihak dari PT. Inti
Global 99 melakukan proses negosiasi. Negotiation, Proses negosiasi dalam
menentukan vendor saat pelaksanaan event sangatlah penting, karena pada
dasarnya negosiasi tersebut adalah jalan menuju kesepakatan antara kedua belah
pihak. Pada proses negosiasi ini vendor menjelaskan terkait spesifikasi harga
barang, lalu pihak PT. Inti Global 99 menyampaiakan kepada pihak panitia
pelaksana event Golden Dairy Award terkait harga penawaran dari vendor. Apabila
dikata sepakat maka pihak vendor dan PT. Inti Global 99 melakukan proses kontrak
dan menetukan pembagian profit dari pelaksanaan event Golden Dairy Award 2021
tersebut. Initial Acceptance, pada tahap ini pihak PT. Inti Global 99 menginstruksi
beberapa hal terkait, pengiriman bahan atau barang pada waktu yang ditentukan,
pembayaran yang disepakati oleh kedua pihak serta pertanggung jawaban atas
adanya kendala yang tidak diinginkan. Agreement Onterm, adalah beberapa
perjanjian yang disepakati oleh pihak PT. Inti Global 99 kepada vendor yang terkait
seperti safety, ketepatan waktu saat loading in dan loading out dan attitude saat
pelaksanaan event. Signing, setelah beberapa tahapan diatas telah di sepakati maka
kedua belah pihak antara ketua MICE departemen PT. Inti Global 99 dengan vendor
menandatangani kontrak yang telah disepkati. Pada prinsipnya, tugas yang harus
diemban oleh vendor adalah memastikan seluruh kebutuhan barang atau jasanya sesuai dengan hasil kesepakatan, dengan begtiu sebisa mungkin vendor memenuhi
permintaan perusahaan yang bekerjasama dengannya, memastikan produk yang
disalurkan ke konsumen adalah produk berkualitas tinggi, memastikan produk bisa
terkirim tepat waktu, dan memberikan pelayan terbaik serta harga yang bersaing. | en_US |