Pengaruh Promosi Penjualan, E-Wom, dan Duta Merek Terhadap Minat Beli Ulang Mahasiswa Sebagai Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember)
Abstract
Era revolusi industri 4.0 seperti saat ini telah mempengaruhi sebagian
besar kegiatan masyarakat di Indonesia seperti penggunaan Internet yang semakin
memudahkan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan teknologi dalam
kegiatan perekonomian dilakukan karena segala hal saat ini dituntut untuk
menjadi semakin efektif dan efisien. Sebagian besar kegiatan ekonomi saat ini
juga dapat dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring) yaitu mulai dari
kegiatan pemasaran hingga kegiatan transaksi. Meningkatnya jumlah pengguna
marketplace membuat para pelaku industri ini saling bersaing dalam
melakukan inovasi untuk menarik minat masyarakat salah satunya dengan
melalui promosi penjualan, e-WOM dan duta merek. Adanya reputasi yang
baik membuat konsumen dapat mengandalkan marketplace dalam memenuhi
kebutuhannya, sehingga hal tersebut dapat menciptakan kepercayaan serta respon
positif pada marketplace yang di gunakannya melalui review yang baik serta
merekomendasikannya kepada orang lain sehingga dapat mempengaruhi
konsumen lain untuk menggunakan marketplace dan memungkinkan terjadinya
pembelian ulang.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis
pengaruh promosi penjualan, e-WOM dan duta merek terhadap minat beli ulang
mahasiswa sebagai konsumen Shopee. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 180 responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Jember dengan menggunakan metode purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi linier
berganda dan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebar kuesioner
secara online.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi
penjualan, e-WOM dan duta merek secara signifikan berpengaruh terhadap minat
beli ulang mahasiswa sebagai konsumen Shopee