Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember Angkatan 2017-2020 Konsumen Tokopedia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser
terhadap kepercayaan, brand image terhadap kepercayaan, celebrity endorser
terhadap keputusan pembelian, brand image terhadap keputusan pembelian,
kepercayaan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser terhadap
keputusan pembelian melalui kepercayaan, brand image terhadap keputusan
pembelian melalui kepercayaan. Rancangan penelitian ini menggunakan
paradigma kuantitatif dengan metode asosiasi hubungan kausal (sebab akibat).
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis
angkatan 2017-2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember,
Pernah menggunakan dan bertransaksi menggunakan Tokopedia. Sampel
penelitian ini sebanyak 100 responden diambil menggunakan rumus slovin.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
probability sampling dengan penyebaran kuesioner dengan teknik proportional
random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis jalur dan uji
sobel diolah dengan software SPSS menunjukan bahwa celebrity endorser
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, celebrity endorser
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity
endorser berpengaruh positif dan signifikan melalui kepercayaan, brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian