Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorPUTRO, Widya Resta Ario
dc.date.accessioned2022-06-28T01:29:10Z
dc.date.available2022-06-28T01:29:10Z
dc.date.issued2021-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107904
dc.description.abstractImpulse buying merupakan perilaku dari seseorang atau individu yang dilakukan dengan kondisi sadar maupun tidak, yang dimana seseorang individu tersebut melakukan kegiatan pembelian produk secara tidak direncanakan sebelumnya. Terdapat beberapa faktor yang mendasari dapat terjadinya kegiatan perilaku ini. Diantaranya adalah shopping lifestyle, hedonic shopping value dan positive emotion. Perilaku impulse buying dapat terjadi dimanapun dan kapanpun Ketika individu tersebut sedang memiliki keinginan untuk berbelanja sesuatu. Individu tersebut dapat melakukan impulse buying secara langsung di toko yang mereka kunjungi atau secara online melalui marketpace yang tersedia saat ini. Dengan perkembangan teknologi dan kemudahan dalam menyelesaikan seluruh kegiatan di zaman sekarang semakin mendorong individu untuk melakukan perilaku ini. Pelaku usaha semakin berlomba-lomba untuk menarik konsumen agar selalu berbelanja di toko mereka dan pihak marketplace di Indonesi saat ini khususnya Tokopedia semakin memberikan kemudahan dalam mengakses maupun bertransaki di marketplace tersebut. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh shopping lifestyle, dan hedonic shopping value terhadap impulse buying melalui positive emotion baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dari penelitian ini adalah generasi Z yang berusia 18 – 25 tahun yang pernah bertransaksi dan melakukan impulse buying di Tokopedia. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang dengan menggunakan Teknik snowball sampling. Metode analisis data yang digunkan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukan bahwa variabel shopping lifestyle memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying secara langsung, Hedonic shopping value tidak memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying secara langsung. Kemudian, shopping lifestyle dan Hedonic shopping value memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying melalui positive emotion bagi generasi Z pengguna marketplace Tokopedia. Bagi pelaku usaha di marketplace Tokopedia dan perusahaan Tokopedia hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi dan masukan agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan serta hal – hal yang berkaitan dengan impulse buying bagi konsumen Tokopediaen_US
dc.description.sponsorshipDr. Mochammad Farid Afandi S.E., M.Si ; Dosen Pembimbing Kristian Suhartadi Widi N., S.E., M.M.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomien_US
dc.subjectShopping Lifestyleen_US
dc.subjectHedonic Shopping Valueen_US
dc.subjectImpulse Buyingen_US
dc.subjectINTERVENINGen_US
dc.subjectMarketplaceen_US
dc.subjectTokopediaen_US
dc.titlePengaruh Shopping Lifestyle Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Generasi Z Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopediaen_US
dc.title.alternativeThe Effect of Shopping Lifestyle and Hedonic Shopping Value on Impulse Buying Z Generation And Positive Emotion as Intervening Variable On Tokopedia Marketplaceen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record