• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Generasi Z Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia

    Thumbnail
    View/Open
    180810201215.pdf (3.637Mb)
    Date
    2021-09-12
    Author
    PUTRO, Widya Resta Ario
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Impulse buying merupakan perilaku dari seseorang atau individu yang dilakukan dengan kondisi sadar maupun tidak, yang dimana seseorang individu tersebut melakukan kegiatan pembelian produk secara tidak direncanakan sebelumnya. Terdapat beberapa faktor yang mendasari dapat terjadinya kegiatan perilaku ini. Diantaranya adalah shopping lifestyle, hedonic shopping value dan positive emotion. Perilaku impulse buying dapat terjadi dimanapun dan kapanpun Ketika individu tersebut sedang memiliki keinginan untuk berbelanja sesuatu. Individu tersebut dapat melakukan impulse buying secara langsung di toko yang mereka kunjungi atau secara online melalui marketpace yang tersedia saat ini. Dengan perkembangan teknologi dan kemudahan dalam menyelesaikan seluruh kegiatan di zaman sekarang semakin mendorong individu untuk melakukan perilaku ini. Pelaku usaha semakin berlomba-lomba untuk menarik konsumen agar selalu berbelanja di toko mereka dan pihak marketplace di Indonesi saat ini khususnya Tokopedia semakin memberikan kemudahan dalam mengakses maupun bertransaki di marketplace tersebut. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh shopping lifestyle, dan hedonic shopping value terhadap impulse buying melalui positive emotion baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dari penelitian ini adalah generasi Z yang berusia 18 – 25 tahun yang pernah bertransaksi dan melakukan impulse buying di Tokopedia. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang dengan menggunakan Teknik snowball sampling. Metode analisis data yang digunkan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukan bahwa variabel shopping lifestyle memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying secara langsung, Hedonic shopping value tidak memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying secara langsung. Kemudian, shopping lifestyle dan Hedonic shopping value memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying melalui positive emotion bagi generasi Z pengguna marketplace Tokopedia. Bagi pelaku usaha di marketplace Tokopedia dan perusahaan Tokopedia hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi dan masukan agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan serta hal – hal yang berkaitan dengan impulse buying bagi konsumen Tokopedia
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107904
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository