Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Generasi Z Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia
Abstract
Impulse buying merupakan perilaku dari seseorang atau individu yang
dilakukan dengan kondisi sadar maupun tidak, yang dimana seseorang individu
tersebut melakukan kegiatan pembelian produk secara tidak direncanakan
sebelumnya. Terdapat beberapa faktor yang mendasari dapat terjadinya kegiatan
perilaku ini. Diantaranya adalah shopping lifestyle, hedonic shopping value dan
positive emotion. Perilaku impulse buying dapat terjadi dimanapun dan kapanpun
Ketika individu tersebut sedang memiliki keinginan untuk berbelanja sesuatu.
Individu tersebut dapat melakukan impulse buying secara langsung di toko yang
mereka kunjungi atau secara online melalui marketpace yang tersedia saat ini.
Dengan perkembangan teknologi dan kemudahan dalam menyelesaikan seluruh
kegiatan di zaman sekarang semakin mendorong individu untuk melakukan
perilaku ini. Pelaku usaha semakin berlomba-lomba untuk menarik konsumen agar
selalu berbelanja di toko mereka dan pihak marketplace di Indonesi saat ini
khususnya Tokopedia semakin memberikan kemudahan dalam mengakses maupun
bertransaki di marketplace tersebut.
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh shopping lifestyle, dan
hedonic shopping value terhadap impulse buying melalui positive emotion baik
secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dari penelitian ini adalah generasi
Z yang berusia 18 – 25 tahun yang pernah bertransaksi dan melakukan impulse
buying di Tokopedia. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang dengan
menggunakan Teknik snowball sampling. Metode analisis data yang digunkan
adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil analisis menunjukan bahwa variabel shopping lifestyle memiliki
hubungan yang positif terhadap impulse buying secara langsung, Hedonic shopping
value tidak memiliki hubungan yang positif terhadap impulse buying secara
langsung. Kemudian, shopping lifestyle dan Hedonic shopping value memiliki
hubungan yang positif terhadap impulse buying melalui positive emotion bagi
generasi Z pengguna marketplace Tokopedia. Bagi pelaku usaha di marketplace
Tokopedia dan perusahaan Tokopedia hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
solusi dan masukan agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan serta hal –
hal yang berkaitan dengan impulse buying bagi konsumen Tokopedia