dc.description.abstract | Mobil listrik mampu memberikan jawaban atas pencemaran lingkungan dan
mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, pesatnya perkembangan mobil listrik
menarik minat kepada perusahan otomotif melakukan penelitian tentang mobil
listrik. Oleh sebab itu banyak dilakukan riset tentang mobil listrik, dalam
pengembangan mobil listrik di Indonesia tingkat perguruan tinggi mengadakan
salah satu lomba Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) untuk merancang atau
membuat kendaraan hemat energi berjenis Prototype listrik dan urban concept
listrik. Pada Penelitian ini melakukan analisis kinerja baterai pack 37 V 15 Ah yang
terdapat pada mobil listrik Universitas jember, perkembangan pada mobil listrik
Universitas Jember (TITEN Electric Vehicle) dilakukan berbagai penelitian
dilakukan guna menghasilkan mobil listrik yang unggul dalam hal keandalan serta
efisiensi energinya. Hasil uji kinerja baterai dengan tiga variasi stop and go, konstan
dan starting dinamis dan simulasi MATLAB, pada variasi stop and go 4 lap di
hasilkan suhu akhir sebesar 29,45 °C dengan pengunaan energi sebesar 80,43
km/kwh. Pada variasi konstan 4 lap di hasilkan suhu akhir sebesar 29,29 °C dengan
pengunaan energi sebesar 83,65 km/kwh. Pada variasi Starting 23 detik pengujian
di hasilkan penurunan tegangan sebesar 0,26 V, arus sebesar 7,76 A , rata-rata daya
sebesar 237,37 Watt, dengan selisih suhu sebesar 0,09 °C. | en_US |