Analisis Kinerja Baterai Litium-Ion Pack Pada Mobil Listrik Universitas Jember Dengan Pembebanan Bervariasi
Abstract
Mobil listrik mampu memberikan jawaban atas pencemaran lingkungan dan 
mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, pesatnya perkembangan mobil listrik 
menarik minat kepada perusahan otomotif melakukan penelitian tentang mobil 
listrik. Oleh sebab itu banyak dilakukan riset tentang mobil listrik, dalam 
pengembangan mobil listrik di Indonesia tingkat perguruan tinggi mengadakan 
salah satu lomba Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) untuk merancang atau 
membuat kendaraan hemat energi berjenis Prototype listrik dan urban concept
listrik. Pada Penelitian ini melakukan analisis kinerja baterai pack 37 V 15 Ah yang 
terdapat pada mobil listrik Universitas jember, perkembangan pada mobil listrik 
Universitas Jember (TITEN Electric Vehicle) dilakukan berbagai penelitian 
dilakukan guna menghasilkan mobil listrik yang unggul dalam hal keandalan serta 
efisiensi energinya. Hasil uji kinerja baterai dengan tiga variasi stop and go, konstan 
dan starting dinamis dan simulasi MATLAB, pada variasi stop and go 4 lap di 
hasilkan suhu akhir sebesar 29,45 °C dengan pengunaan energi sebesar 80,43 
km/kwh. Pada variasi konstan 4 lap di hasilkan suhu akhir sebesar 29,29 °C dengan 
pengunaan energi sebesar 83,65 km/kwh. Pada variasi Starting 23 detik pengujian 
di hasilkan penurunan tegangan sebesar 0,26 V, arus sebesar 7,76 A , rata-rata daya 
sebesar 237,37 Watt, dengan selisih suhu sebesar 0,09 °C.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4394]
