• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisa Prestasi Motor Bakar Empat Langkah Berbahan Bakar Liquefied Petroleum Gas Dengan Variasi Debit Cooling Injection

    Thumbnail
    View/Open
    171910101067.pdf (3.599Mb)
    Date
    2021-07-17
    Author
    SUGITO, Ahmad Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan bahan bakar alternatif LPG sebagai pengganti BBM merupakan jalan yang memungkinkan untuk mengembangkan teknologi yang sangat efisien dan rendah emisi. Dari pembakaran LPG sendiri diperoleh hasil emisi dan efek rumah kaca yang lebih rendah dibandingkan pembakaran dari bahan bakar minyak. Namun bukan berarti penggunaan LPG sebagai pengganti BBM tidak mengalami kekurangan, dimana permasalahan yang sering terjadi adalah pembakaran yang dihasilkan oleh LPG pada mesin motor menimbulkan panas yang terlalu tinggi, dengan demikian membuat performa motor menurun dan bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mesin karena engine knocking yang disebabkan oleh panas yang terlalu tinggi pada mesin. Dengan adanya permasalahan seperti di atas, sebuah alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi detonasi (engine knocking) dan meningkatkan performa mesin adalah dengan penggunaan sistem cooling injection. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penambahan cooling injection terhadap prestasi motor bakar empat langkah berbahan bakar LPG yang meliputi torsi, daya, konsumsi bahan bakar (specific fuel consumption), efisiensi termal dan emisi gas buang (HC dan CO). Variasi yang digunakan pada penelitian ini meliputi variasi standar bahan bakar LPG dan variasi penambahan debit cooling injection 0,1 ml/s, 0,2 ml/s, 0,3 ml/s, 0,4 ml/s dan 0,5 ml/s. Pada pengujian yang telah dilakukan untuk nilai rata-rata torsi tertinggi dihasilkan oleh variasi debit 0,2 ml/s dengan 5,274 Nm, sedangkan nilai rata-rata terendahnya dihasilkan oleh variasi debit 0,5 ml/s dengan 2,88 Nm. Untuk nilai rata-rata daya tertinggi dihasilkan oleh variasi debit 0,2 ml/s dengan 3,171 kW sedangkan nilai rata-rata terendahnya dihasilkan oleh variasi debit 0,5 ml/s dengan 1,308 kW. Untuk nilai rata-rata sfc (specific fuel consumption) tertinggi dihasilkan oleh variasi debit 0,5 ml/s dengan 0,0580 kg/Hp.jam, sedangkan nilai rata-rata terendahnya dihasilkan oleh variasi debit 0,2 ml/s dengan 0,01676 kg/Hp.jam. Untuk nilai rata-rata efisiensi termal tertinggi dihasilkan oleh variasi debit 0,2 ml/s dengan 44,48%, sedangkan nilai rata-rata terendahnya dihasilkan oleh variasi debit 0,5 ml/s dengan 18,35%. Sedangkan untuk emisi gas buang emisi HC terendah dihasilkan oleh variasi 0,3 ml/s dengan 548 ppm dan emisi CO terendahnya dihasilkan oleh variasi standar dengan 0,02%. Dengan beberapa hasil yang telah diperoleh pada pengujian dapat disimpulkan bahwa penambahan cooling injection mempengaruhi prestasi motor bakar
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107881
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4288]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository