| dc.contributor.author | ILAHI, Angga Wahyu |  | 
| dc.date.accessioned | 2022-06-28T01:19:13Z |  | 
| dc.date.available | 2022-06-28T01:19:13Z |  | 
| dc.date.issued | 2021-12-09 |  | 
| dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107879 |  | 
| dc.description.abstract | Kualitas hasil produksi dapat dilihat dan dipandang sebagai titik kepuasan 
pelanggan karena dianggap sebagai salah satu kebutuhan atau sebagai ruang 
pemenuhan kebutuhan pengguna atau konsumen. Pengendalian kualitas 
menyatakan bahwa kualitas tidak berarti suatu hasil produk yang terbaik, tetapi 
mencoba dan mengusahakan untuk konsisten memberikan kualitas hasil produk 
kepada pelanggan atau konsumen tentang apa yang mereka butuhkan serta 
keinginan dengan sesuai yang dapat diprediksi serta sesuai dengan harga yang 
mereka bayar. Kualitas juga sebagai kebutuhan mutlak untuk pemenuhan 
persyaratan dengan mengurangi dan meminimalkan kerusakan yang sering terjadi 
mungkin timbul atau dikenal dengan standar minimum zero defect. 
PT. Gas Madura Pratama merupakan salah satu stasiun LPG 3 kg bersubsidi 
untuk wilayah Madura. Perusahaan ini berlokasi di Jl.Raya Ambat KM. 11 Desa 
Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Perusahaan ini menyalurkan 
LPG kepada agen yang telah terdaftar di Pertamina. Saat ini PT. Gas Madura 
Pratama merupakan stasiun pengisian yang tersebar di Kota Pamekasan. PT. Gas 
Madura Pratama sebagai perusahaan swasta yang bermitra dengan badan usaha 
milik negara (BUMN) pertamina yang bertugas sebagai pengisian ulang tabung gas 
LPG dari agen, PT. Gas Madura Pratama memiliki standar pengisian tabung gas 
LPG 3 kg sesuai dengan ketentuan dalam prosedur pengisian serta kalibrasi yang 
sudah ada dan diatur oleh pertamina.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang 
menyebabkan cacat kurang berat hasil pengisian tabung gas LPG 3 Kg di Pt. Gas 
Madura Pratama dengan menggunakan metode Statistical Process Control (SPC) 
sehingga dapat mengetahui faktor-kator penyebab cacat kurang berat yang paling 
dominan, Untuk selanjutnya mengetahui usulan perbaikan dalam meminimalisir 
terjadi cacat kurang berat pengisian tabung gas LPG di Pt. Gas Madura Pratama.
Berdasarkan hasil anilisa menggunakan diagram fishbone dapat diketahui 
faktor penyebab yang paling tinggi sebab-penyebab terjadinya cacat kurang berat 
yang dihasilkan Pt. Gas Madura Pratama, Faktor yang menyebabkan cacat kurang 
berat paling tinggi adalah faktor manusia yaitu sebesar 23,75%, diikuti faktor 
material sebesar 21,67% dan faktor lingkungan 21,42%. Oleh karena itu perlu 
adanya tindakan perbaikan untuk meminimalisir terjadi cacat kurang berat yang 
hasil pengisian tabung gas LPG 3 kg di Pt. Gas Madura Pratama.
Hasil analisis menggunakan diagram fishbone dapat diketahui presentase 
faktor penyebab cacat kurang berat pada hasil pengisian tabung gas LPG 3 kg yang 
dapat diajukan sebagai usulan perbaikan, usulan perbaikan yang diajukan sesuai 
dengan berdasarkan tinggi presentase faktor sebab-penyebab yang dapat dilihat 
hasil diagram fishbone. Ketiga usulan diajukan terhadap perusahaan untuk segera 
dilakukan tindakan perbaikan, dari ktiga saran atau usulan perbaikan yang diajukan 
terhadap PT. Gas Madura Pratama oleh penulis baru 1 (satu) yang 
diimplementasikan yaitu mengganti “Karet Valve”. Dilakukan penggantian dari 
karet valve yang lama ke karet valve yang baru yang memilkik standar SNI, hal itu 
merupakan salah stau upaya untuk mecegah terjadinya bocor gas saat pengisian gas 
terhadap tabung gas LPG yang kosong. Perbaikan dilakukan untuk mengurangi 
cacat kurang berat dan memeproleh hasil pengisian tabung gas LPG yang sesuai 
dengan acuan perusahaan dan kepuasan konsumen | en_US | 
| dc.description.sponsorship | Ir. Dwi Djumhariyanto, M.T     ;  Dosen Pembimbing
Andi Sanata, S.T., M.T. | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US | 
| dc.subject | KUALITAS PENGISIAN | en_US | 
| dc.subject | TABUNG GAS | en_US | 
| dc.subject | LPG 3 KG | en_US | 
| dc.subject | STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) | en_US | 
| dc.title | Pengendalian Kualitas Pengisian Tabung Gas  LPG 3 KG Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC) di PT. Gas Madura Pratama | en_US | 
| dc.type | Other | en_US | 
| dc.identifier.validator | Taufik, 19 Oktober 2023 |  |