Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSTIN, Nadiyah Dwi
dc.date.accessioned2022-06-28T01:15:52Z
dc.date.available2022-06-28T01:15:52Z
dc.date.issued2021-11-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107860
dc.description.abstractUPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang merupakan salah satu usaha kesejahteraan sosial berbasis lembaga pelayanan. Beragam kegiatan pelayanan sosial dilakukan oleh UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang memiliki tujuan guna menciptakan ekosistem sosial yang positif bagi perubahan kemampuan efikasi diri dan fungsi sosial remaja putus sekolah. Keprihatinan mengenai kurangnya bekal kemampuan keterampilan, dampak secara mental, serta implikasi permasalahan sosial yang timbul akibat permasalahan putus sekolah yang dialami oleh para remaja menjadi alasan awal berdirinya lembaga pelayanan sosial ini. UPT Pelayanan Sosial ini dapat menampung 110 remaja putus sekolah. Berbagai program pelayanan diberikan kepada remaja putus sekolah ini diantaranya bimbingan keterampilan kerja, bimbingan sosial, bimbingan mental, dan pemberian alat stimulan. Hingga saat ini, keberadaan UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang telah membantu memberikan bimbingan dan pembinaan kepada remaja putus sekolah dalam membentuk perilaku positif, meningkatkan kemampuan keterampilan, dan fungsi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kemampuan efikasi diri remaja putus sekolah pasca memperoleh pelayanan sosial yang dilakukan oleh UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang untuk mendukung keberfungsian sosialnya. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi pada penelitian ini yaitu di UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang yang beralamat di jalan Dokter Wahidin Sudirohusodo No.9, Sengon, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi dengan jenis observasi partisipatif golongan moderat, menggunakan wawancara semi terstruktur dimana peneliti menggunakan pedoman wawancara (guide interview), dan menggunakan studi dokumentasi untuk mendukung adanya kemampuan efikasi diri remaja putus sekolah pasca memperoleh pelayanan mendukung keberfungsian sosialnya. Analisis data dalam penelitian yaitu menggunakan tahapan analisis data yang dijelaskan oleh Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (reduction data), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusions). Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu berupa triangulasi teknik atau triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan remaja putus sekolah mengalami kondisi patah semangat, merasa rendah diri, tidak percaya diri, dan kurangnya kemampuan yang dimiliki. Upaya pelayanan sosial yang dilakukan oleh UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang dalam memberdayakan remaja putus sekolah melalui pembinaan dan bimbingan baik fisik,mental, pelatihan sosial,latihan keterampilan kerja dan berbagai dukungan yang diberikan berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan efikasi diri eks penerima manfaat, hal ini tercermin dari sikap yang mereka tunjukkan diantaranya sudah percaya diri akan kemampuannya, mampu menyelesaikan tugas tugas yang diminta oleh pelanggan dengan baik dan memuaskan, selalu berusaha dalam pencapaian tujuan, tidak merasa cemas, dan mampu memanajemen dirinya ketika setiap diberikan tugas. Perubahan positif pada kemampuan efikasi diri eks penerima manfaat remaja putus sekolah ini berdampak pada peningkatan fungsi sosialnya dari segi pemenuhan kebutuhan, peran sosial, dan kemampuan dalam menghadapi goncangan dan tekananen_US
dc.description.sponsorshipKris Hendrijanto, S.Sos., M.Si ; Dosen Pembimbingen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPelayanan Sosialen_US
dc.subjectKemampuan Efikasien_US
dc.subjectKeberfungsian Sosialen_US
dc.subjectRemaja Putus Sekolahen_US
dc.titlePelayanan Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Efikasi Diri Dalam Mendukung Keberfungsian Sosial Remaja Putus Sekolah (Studi Deskriptif Upt Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang Jawa Timur)en_US
dc.title.alternativeSocial Services in Increasing Self-Efficacy Ability in Supporting of Drop Out Teenager (Descriptive Study in Upt Teenager Development Social Service Of Jombang East Java )en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record