Show simple item record

dc.contributor.authorFAJAR, Nova Daniar
dc.date.accessioned2022-06-28T01:15:46Z
dc.date.available2022-06-28T01:15:46Z
dc.date.issued2021-08-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107859
dc.description.abstractBisnis di bidang jasa mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan salah satu bisnis di bidang jasa yang dapat dikatakan sebagai sumber devisa negara adalah pariwisata. Jumlah devisa sektor pariwisata meningkat setiap tahunnya, namun sejak adanya pandemi covid-19 devisa pariwisata mengalami penurunan. Terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pandemi di bidang pariwisata diantaranya adalah belum ada standar dalam perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, dan pengendalian dampak pandemi di sektor pariwisata. Fenomena tersebut menuntut sektor pariwisata untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat sehingga mampu menghadapi permasalahan yang ada di era new normal. Hampir seluruh wilayah di Indonesia, khususnya sektor wisatanya terkena dampak Covid-19, tidak terkecuali Kabupaten Jember. Wisata yang banyak dijumpai di Kabupaten Jember adalah waterpark. Dira Waterpark atau lebih dikenal dengan nama Dira Grup merupakan waterpark terbesar di Jember karena telah memiliki tiga cabang. Cabang Dira Grup yang baru saja dibuka adalah Dira Waterpark Balung. Dira Waterpark Balung memiliki konsep unik, yaitu konsep ala Jepang. Konsep unik tersebut menarik perhatian masyarakat yang sangat besar, akan tetapi saat adanya pandemi Covid-19, wisata ini harus ditutup selama kurang lebih 5 bulan. Tanggal 29 Juli 2020, saat dibuka kembali Dira Waterpark Balung mengalami penurunan pengunjung yang sangat drastis dan tidak dapat melakukan promosi selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran Dira Waterpark Balung dalam menghadapi era new normal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisi domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dira Waterpark Balung menerapkan sebuah strategi dalam kegiatan pemasarannya. 1.) Segmenting, dengan tidak membedakan pengunjung ke dalam segmen-segmen tertentu, 2.) Targeting, target pasarnya adalah sekolah-sekolah, 3.) Positioning, selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memiliki konsep bergaya Jepang dan produk unggulan yang membedakannya dengan pesaing; 4.) Product, meliputi kolam renang, taman Jepang, mandi busa, penyewaan pelampung dan baju kimono, minimarket serta kafe, 5.) Price, tarif wisata siang sebesar Rp 15.000,00 dan wisata malam Rp 5.000,00, 6.) Place, berlokasi di Jalan Puger, No.1, Dusun Krajan Lor, Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, 7.) Promotion, menggunakan bauran promosi untuk memasarkan produknya, meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan promosi dari mulut ke mulut, 8.) People, senantiasa mengutamakan kualitas pelayanannya, 9.) Process, penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, 10.) Physical Evidence, memiliki konsep dan desain interior bergaya Jepang yang didominasi warna pink serta memiliki fasilitas fasilitas yang cukup lengkap yaitu adanya lahan parkir yang luas, memiliki kamar mandi dan mushola. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bauran pemasaran diterapkan saling berkaitan antara satu unsur dengan unsur yang lain, sehingga setiap unsur dari bauran pemasaran akan mendukung kinerja bauran pemasaran lainnya dan akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai oleh Dira Waterpark Balung.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Didik Eko Julianto, M.AB ; Dosen Pembimbing Dr. Hari Karyadi, S.E., M.SA., Aken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.subjectDira Waterparken_US
dc.subjectNew Normalen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Dira Waterpark Balung Dalam Menghadapi Era New Normalen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record