• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran Dira Waterpark Balung Dalam Menghadapi Era New Normal

    Thumbnail
    View/Open
    170910202047.pdf (4.400Mb)
    Date
    2021-08-05
    Author
    FAJAR, Nova Daniar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bisnis di bidang jasa mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan salah satu bisnis di bidang jasa yang dapat dikatakan sebagai sumber devisa negara adalah pariwisata. Jumlah devisa sektor pariwisata meningkat setiap tahunnya, namun sejak adanya pandemi covid-19 devisa pariwisata mengalami penurunan. Terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pandemi di bidang pariwisata diantaranya adalah belum ada standar dalam perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, dan pengendalian dampak pandemi di sektor pariwisata. Fenomena tersebut menuntut sektor pariwisata untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat sehingga mampu menghadapi permasalahan yang ada di era new normal. Hampir seluruh wilayah di Indonesia, khususnya sektor wisatanya terkena dampak Covid-19, tidak terkecuali Kabupaten Jember. Wisata yang banyak dijumpai di Kabupaten Jember adalah waterpark. Dira Waterpark atau lebih dikenal dengan nama Dira Grup merupakan waterpark terbesar di Jember karena telah memiliki tiga cabang. Cabang Dira Grup yang baru saja dibuka adalah Dira Waterpark Balung. Dira Waterpark Balung memiliki konsep unik, yaitu konsep ala Jepang. Konsep unik tersebut menarik perhatian masyarakat yang sangat besar, akan tetapi saat adanya pandemi Covid-19, wisata ini harus ditutup selama kurang lebih 5 bulan. Tanggal 29 Juli 2020, saat dibuka kembali Dira Waterpark Balung mengalami penurunan pengunjung yang sangat drastis dan tidak dapat melakukan promosi selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran Dira Waterpark Balung dalam menghadapi era new normal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisi domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dira Waterpark Balung menerapkan sebuah strategi dalam kegiatan pemasarannya. 1.) Segmenting, dengan tidak membedakan pengunjung ke dalam segmen-segmen tertentu, 2.) Targeting, target pasarnya adalah sekolah-sekolah, 3.) Positioning, selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memiliki konsep bergaya Jepang dan produk unggulan yang membedakannya dengan pesaing; 4.) Product, meliputi kolam renang, taman Jepang, mandi busa, penyewaan pelampung dan baju kimono, minimarket serta kafe, 5.) Price, tarif wisata siang sebesar Rp 15.000,00 dan wisata malam Rp 5.000,00, 6.) Place, berlokasi di Jalan Puger, No.1, Dusun Krajan Lor, Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, 7.) Promotion, menggunakan bauran promosi untuk memasarkan produknya, meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan promosi dari mulut ke mulut, 8.) People, senantiasa mengutamakan kualitas pelayanannya, 9.) Process, penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, 10.) Physical Evidence, memiliki konsep dan desain interior bergaya Jepang yang didominasi warna pink serta memiliki fasilitas fasilitas yang cukup lengkap yaitu adanya lahan parkir yang luas, memiliki kamar mandi dan mushola. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bauran pemasaran diterapkan saling berkaitan antara satu unsur dengan unsur yang lain, sehingga setiap unsur dari bauran pemasaran akan mendukung kinerja bauran pemasaran lainnya dan akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai oleh Dira Waterpark Balung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107859
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository