• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Agama dan Moral Masa Pandemi COVID-19 di Kelompok B Raudhatul Athfal Menara Taufiq Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang

    Thumbnail
    View/Open
    170210205069.pdf (3.453Mb)
    Date
    2021-09-06
    Author
    ABIDAH, Miskatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adanya wabah virus corona berdampak pada seluruh sektor, termasuk pendidikan. Pembelajaran daring atau online merupakan alternatif pembelajaran pada masa pandemi covid-19, sehingga pembelajaran tetap berlangsung dalam mengembangkan aspek anak, salah satunya aspek agama dan moral anak usia dini. Melalui kegiatan pembiasaan dan program khusus pengembangan agama dan moral dari sekolah, anak dapat mengembangkan aspek agama dan moralnya. Dalam menyusun program kegiatan pengembangan agama dan moral anak, diperlukan pengelolaan. Pengelolaan dalam pendidikan digunakan untuk mempermudah dalam memadukan sumber-sumber pendidikan untuk melaksanakan kegiatan dalam mencapai tujuan pendidikan, serta memberikan tanggung jawab seseorang sesuai dengan keahliannya. Pengelolaan kegiatan pengembangan agama dan moral masa pandemi covid-19 di kelompok B RA Menara Taufiq tahun ajaran 2020/2021 sudah terlaksana dengan cukup baik, mulai dari melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan kegiatan pengembangan agama dan moral masa pandemi covid-19 di kelompok B Raudhatul Athfal Menara Taufiq Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan pengembangan agama dan moral masa pandemi covid-19 di kelompok B Raudhatul Athfal Menara Taufiq Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data informan utama yakni guru kelompok B dan kepala sekolah serta sumber data informan pendukung yakni perwakilan wali murid kelompok B. Metode pengumpulan data yang dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari pengelolaan kegiatan pengembangan agama dan moral masa pandemi covid-19 di kelompok B RA Menara Taufiq Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, pengelolaan kegiatan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan kegiatan pengembangan agama dan moral sudah direncanakan oleh sekolah sejak awal semester ajaran baru pada kegiatan rapat, dengan melihat program kegiatan yang telah terlaksana di tahun sebelumnya. Target yang hendak dicapai oleh sekolah, disesuaikan dengan tingkat capaian anak pada STPPA dalam menerima pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Terdapat kekurangan pada perencanaan kegiatan pengembangan agama dan moral di sekolah RA Menara Taufiq yaitu sekolah belum mendokumentasikan setiap tambahan program kegiatan pengembangan agama dan moral yang hendak dilaksanakan pada masa pandemi. Dalam perencanaan kegiatan pembelajaran daring, guru membuat kegiatan pembelajaran sehari sebelum kegiatan dikirim ke grup WhatsApp. Guru juga mempersiapkan lembar penilaian yang disertai indikator dan rubrik penilaian. Pada tahap pengorganisasian kepala sekolah memberikan tugas kepada guru sesuai dengan keahlian bidang masing-masing. Tahap pelaksanaan, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring, dengan memanfaatkan alat komunikasi ponsel dan mengirimnya dalam bentuk pesan suara, teks, dan foto. Kegiatan rutinitas pengembangan agama dan moral diberikan setiap hari, sedangkan kegiatan program khusus pengembangan agama dan moral diberikan pada kegiatan inti, atau diberikan pada tugas tambahan dengan disesuaikan dengan tema atau jadwal yang sudah ditetapkan oleh guru, dengan kegiatan yang berbeda di setiap harinya. Pada tahap evaluasi, guru melakukan kegiatan evaluasi kegiatan pembelajaran dengan memberikan penilaian yang dibantu oleh orang tua dan memberikan tindak lanjut terhadap hasil belajar anak. Terdapat kegiatan pengembangan agama dan moral yang tidak terlaksana pada masa pandemi yaitu: kegiatan PHBI, peringatan hari Santri, membaca doa istighosah, membaca surat Yasin, manasik haji
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107840
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository