Show simple item record

dc.contributor.authorABDILLAH, Dadang
dc.date.accessioned2022-06-27T16:48:09Z
dc.date.available2022-06-27T16:48:09Z
dc.date.issued2021-10-21
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107836
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam merupakan cabang ilmu yang terkait dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, melalui proses penemuan. Sehingga seharusnya pembelajaran IPA dapat dilakukan sedemikian rupa sehingga para siswa dapat memiliki pengalaman bagaimana menemukan suatu konsep. Pembelajaran IPA menuntun siswa untuk pemberian pengalaman langsung dalam mengembangkan kompetensi siswa agar mampu menjelajahi serta memahami alam sekitar. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di SMP menuntun siswa untuk mampu mengembangkan serta membangun pengetahuannya secara mandiri disertai peran aktifnya pada proses pembelajaran di kelas. Permasalahan yang sering kali terjadi adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disertai dengan aktivitas belajar siswa yang rendah yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tesebut yaitu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing yang merupakan salah satu model pembelajaran berbasis STEM dengan pendekatan Engineering Design Process yang menuntut siswa untuk lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Engineering Design Process (EDP) terhadap aktivitas belajar siswa SMP, dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Engineering Design Process (EDP) terhadap hasil belajar siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bondowoso pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara tatap muka terbatas dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Engineering Design Process pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah tersebut. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk aktivitas belajar menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian ini yaitu lembar angket, soal tes dan penugasan. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan uji independent sample t-test yang diolah dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian untuk menguji hipotesis pertama diperoleh data berdistribusi normal sehingga dapat dilanjutkan dengan uji parametrik independent sample t-test. Setelah dilakukan uji tersebut diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,009 dengan kata lain 0,009 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, model pembelajaran inkuriri terbimbing dengan pendekatan Engineering Design Process berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar. Selanjutnya untuk menguji hipotesis kedua diperoleh data berdistribusi normal sehingga dapat dilanjutkan dengan uji parametrik berupa uji independent sample t test. Setelah dilakukan uji tersebut diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,033 dengan kata lain 0,033 sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil belajar kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki perbedaan. Selanjutnya dilakukan uji t – pihak kanan, pada aktivitas belajar siswa diperoleh thitung>ttabel yaitu 2.699 > 1,667155. Pada hasil belajar ranah pengetahuan diperoleh 2.184 > 1,67155 sedangkan pada hasil belajar ranah keterampilan diperoleh 5,539 > 1,67155. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Engineering Design Process terhadap aktivitas belajar siswa SMP. (2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Engineering Design Process terhadap hasil belajar siswa SMPen_US
dc.description.sponsorshipPramudya Dwi A. P., S,Pd., M.Pd., Ph.D ; Dosen Pembimbing Vendi Eko Susilo, S.Pd., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectEngineering Design Processen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Engineering Design Process Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Smpen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record