Peran Yayasan Terhadap Manajemen Keuangan di TK Fafitri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
Abstract
Yayasan memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan pendidikan,
khususnya sekolah swasta di Taman Kanak-kanak. Sekolah Taman Kanak-kanak
yang didirikan oleh Yayasan pada mulanya menggunakan dana pribadi
pendirinya, sehingga Yayasan perlu mengelola keuangan dengan baik agar segala
kebutuhan sekolah dapat terpenuhi. Seiring berjalannya waktu, Yayasan dan
Kepala Sekolah melakukan pengadaan anggaran dari berbagai sumber agar dapat
mengembangkan sekolah. Keuangan sekolah tidak hanya dikelola oleh Kepala
Sekolah dan Bendahara, namun membutuhkan pembinaan dan pengawasan dari
Yayasan. Pembinaan dan pengawasan yang dilakukan Yayasan bertujuan agar
manajemen keuangan yang terdiri dari perencanaan, pembukuan, pembelanjaan,
pengawasan, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah dapat berjalan dengan
semestinya. Berbagai pembinaan dan pengawasan yang dilakukan Yayasan dalam
mengelola lembaga pendidikan bertujuan agar dapat mencapai visi, misi, dan
tujuan didirikannya sekolah, khususnya dalam manajemen keuangan sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peran
Yayasan terhadap manajemen keuangan di TK Fafitri Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
Peran Yayasan terhadap Manajemen Keuangan di TK Fafitri Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik dan alat
pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yakni Ketua
Yayasan dan sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yakni Kepala
Sekolah dan Bendahara Sekolah. Teknik analisis data yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait peran Yayasan
terhadap manajemen keuangan di TK Fafitri Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember cukup baik. Peran Yayasan di TK Fafitri yakni melakukan pembinaan dan
pengawasan terhadap manajemen keuangan sekolah. Pembinaan berupa
memberikan penjelasan kepada Guru-guru dan Bendahara agar dapat menerima
dan mengerti kebijakan Yayasan dalam melakukan subsidi silang dengan
pembayaran SPP disesuaikan kemampuan orang tua, memberikan masukan dan
melakukan diskusi dalam penyusunan kegiatan dan perkiraan biaya yang
dibutuhkan yang tersusun dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja
Sekolah (RAPBS) serta program tahunan sekolah, menyediakan sarana dan
prasarana, memenuhi kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, melakukan
penyusunan anggaran sekolah bersama dengan Kepala Sekolah, dan memberikan
nasihat kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam sudut pandang agama.
Yayasan melakukan pengawasan terhadap pembukuan keuangan sekolah,
pengawasan terhadap pembelanjaan keuangan sekolah, pengawasan kinerja
Kepala Sekolah, dan pengawasan terhadap pertanggungjawaban keuangan sekolah
untuk memastikan pelaksanaan manajemen keuangan sekolah sesuai dengan
perencanaan yang telah disusun, apabila terdapat kendala dapat segera
terselesaikan. Yayasan dalam memberikan tambahan atau bonus kepada Kepala
Sekolah, Guru, dan Bendahara hendaknya memiliki tolak ukur agar tidak
menimbulkan kecemburuan sosial.