Show simple item record

dc.contributor.authorARGA, R. Arya Geraldo
dc.date.accessioned2022-06-27T16:38:16Z
dc.date.available2022-06-27T16:38:16Z
dc.date.issued2021-06-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107805
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi/proses pembelajaran pendidikan inklusif di SMPS TPA Jember. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan inklusi di SMPS TPA Jember terbagi menjadi empat tahapan utama yakni tahap penerimaan siswa baru, tahap perencanaan pembelajaran dan penempatan siswa, tahap proses pembelajaran, tahap evaluasi. 2). Model pendidikan inklusi yang digunakan disekolah tersebut adalah model kolaborasi. 3). Terdapat dua kurikulum yang digunakan disekolah tersebut. 4). Faktor penghambat penyelenggaraan proses pendidikan inklusif di SMPS TPA Jember antara lain sumber daya guru PNS, sarana dan prasarana, kurangnya pelatihan tentang pendidikan luar biasa, kurangnya dukungan dari pemerintah terkait dengan kebijakan. Sedangkan faktor yang mendukung antara lain motivasi dan sikap guru yang positif, dukungan SLB dan guru-gurunya, dan sikap penerimaan masyarakat yang positif terhadap pendidikan inklusifen_US
dc.description.sponsorshipPurwowibowo, M.Si. ; Dosen Pembimbingen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectInklusien_US
dc.subjectSMPS TPAen_US
dc.titleProses Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Inklusi DI Smps TPA Jember (Studi Diskriptif di Desategal Boto Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)en_US
dc.title.alternativeLearning Process in Inclusive School Education At TPA Jember Smps (Descriptive Studies in Tegal Boto Village Sumbersari District Jember Regency)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record