Proses Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Inklusi DI Smps TPA Jember (Studi Diskriptif di Desategal Boto Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi/proses
pembelajaran pendidikan inklusif di SMPS TPA Jember. Metode penelitian
menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa:
1). Tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan inklusi di SMPS TPA Jember
terbagi menjadi empat tahapan utama yakni tahap penerimaan siswa baru, tahap
perencanaan pembelajaran dan penempatan siswa, tahap proses pembelajaran,
tahap evaluasi. 2). Model pendidikan inklusi yang digunakan disekolah tersebut
adalah model kolaborasi. 3). Terdapat dua kurikulum yang digunakan disekolah
tersebut. 4). Faktor penghambat penyelenggaraan proses pendidikan inklusif di
SMPS TPA Jember antara lain sumber daya guru PNS, sarana dan prasarana,
kurangnya pelatihan tentang pendidikan luar biasa, kurangnya dukungan dari
pemerintah terkait dengan kebijakan. Sedangkan faktor yang mendukung antara
lain motivasi dan sikap guru yang positif, dukungan SLB dan guru-gurunya, dan
sikap penerimaan masyarakat yang positif terhadap pendidikan inklusif