ANALISIS BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR TOSSA PADA PT. TOSSA NUSANTARA MOTOR CABANG LAMONGAN
Abstract
Penelitian dengan Judul Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi
Keputusan Pembelian sepeda motor Tossa Pada PT. Tossa Nusantara Motor
Cabang Lamonga dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keputusan
pembelian terhadap produk, harga,. promosi, dan saluran distribusi.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen
yang membeli dan sekaligus pemakai sepeda motor Tossa yang ada di Lamongan.
Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan tehnik purposive sampling.
Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data berdasarkan kuisioner
berdasarkan jawaban responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda, asumsi klasik, koefisien determinasi berganda, koefisien
determinasi parsial, uji-t dan uji F.
Perhitungan perilaku konsumen menunjukkan ada empat variabel yaitu
variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi, dimana perhitungan
dilakukan berdasarkan pengaruh secara simultan dan dapat dibuktikan dari hasil
uji F hitung yang diperoleh sebesar 51,672 dengan signifikasi 0,000 pada level 5%,
hasil uji F ini lebih besar dari F tabel sebesar 2,553. Besarnya pengaruh variabel
produk, harga, promosi, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian
dapat dilihat dari nilai R2
sebesar 73,4 dan sisanya 26,6 dipengaruhi oleh variabel
lain diluar penelitian ini. Hasil perhitungan dari analisis determinasi parsial
diketahui bahwa variabel produk mempunyai pengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian pada PT. Tossa Nusantara Cabang lamongan.
Hasil analisis
data menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi
mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Tossa. Loyalitas merek yang menjadi fokus dalam penelitian ini, penelitian yang
berjudul Analisis Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Produk Rokok Merek A Mild,
Clas Mild Dan LA Light(Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen
Angkatan 2003-2006 Fakultas Ekonomi Universitas Jember) mempunyai tujuan
menganalisa indikator-indikator brand loyalty yaitu Switcher, Habitual Buyer,
Satisfied Buyer, Liking The Brand, dan Committed Buyer pada mahasiswa jurusan
manajemen angkatan 2003-2006 fakultas ekonomi universitas jember.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rata-rata
dan standar deviasi, brand switching pattern matrix, dan piramida brand loyalty.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif survey dimana obyek dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas
ekonomi jurusan manajemen angkatan 2003-2006 dengan menggunakan teknik
purposive sample.
Berdasarkan analisis brand loyalty, rokok A Mild, Clas Mild, dan LA
Light memiliki tingkat loyalitas yang kuat dengan bentuk piramida brand loyalty
yang mendekati piramida terbalik sempurna. Rokok A Mild mempunyai
konsumen paling banyak pada liking the brand dimana nilai tingkatan sebesar
80%. Rokok Clas Mild mempunyai konsumen paling banyak pada tingkat
satisfied buyer sebesar 73,3%. Rokok LA Light memiliki jumlah konsumen
terbesar pada tingkat Satisfied Buyer dan Liking The Brand, dimana nilai masing-
masing tingkatan sebesar 96%.Berdasarkan brand switching pattern matrix
analysis, rokok A Mild memiliki nilai tingkat kemungkinan perpindahan merek
yang besar yaitu 58,8%, sehingga pada masa yang akan datang ada kemungkinan
tingkat loyalitas merek produk ini menurun, sedangkan nilai ProT rokok Clas
Mild sebesar 69,3%, nilai ini menunjukkan pada masa yang akan datang ada
kemungkinan tingkat loyalitas merek pada rokok Clas Mild juga akan
menurun,sedangkan yang mempunyai tingkatan rendah untuk berpindah adalah
rokok LA Light yaitu sebesar 40,5% sehingga ada kemungkinan tingkat loyalitas
merek LA Light akan menguat apabila dibandingakan merek A Mild atau Clas