• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Metode Newman Ditinjau Dari Kecerdasan AQ Adversity Quotient

    Thumbnail
    View/Open
    KHOLADA SA'DIYAH - 170210101073.pdf (4.396Mb)
    Date
    2021-07-07
    Author
    SA'DIYAH, Kholada
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Soal cerita matematika merupakan soal-soal matematika yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat cerita. Bagian dari soal cerita yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah materi bangun sisi lengkung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yani (2019) bahwa hasil belajar siswa pada materi ini masih tergolong rendah karena masih kurangnya pemahaman siswa. Selain itu Seseorang dapat menyelesaikan masalah dengan baik, apabila didukung oleh kemampuan yang baik dalam dirinya untuk menghadapi suatu tantangan atau masalah, kemampuan ini disebut dengan kecerdasan AQ. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa pada 3 kategori AQ dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung berdasarkan metode Newman. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Jember pada bulan Januari – Februari 2021. Langkah-langkah dalam pemenilian ini yaitu membuat instrumen berupa tes soal dan pedoman wawancara, kemudian dilanjutkan dengan memvalidasi instrumen. Setelah instumen direvisi dan dinyatakan valid, peneliti membagikan angket ARP untuk mengelompokkan siswa berdasarkan katergori AQ dan membagikan soal tes untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Selanjutnya peneliti memilih tiga subjek penelitian yaitu siswa yang termasuk dalam kategori peralihan quirter ke camper, camper dan perlihan camper ke climber. Tiga subjek tersebut kemudian diwawanacari untuk menggali lebih dalam informasi yang telah didapat sebelumnya. Hasil dari penelitian ini yang pertama yaitu jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkategori AQ peralihan quirter ke camper adalah kesalahan memahami masalah. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam mengoperasikan perkalian untuk mencari luas permukaan menara. Seharusnya hasil dari perhitungan dari 2 × 3,14 × 10 adalah 251,2 cm2 , namun yang dituliskan 125,6 cm2 Apabila ditinjau dari kecerdasan AQ, siswa berkategori AQ peralihan quirter ke camper adalah orang yang pesimis dan mudah menyerah. Kedua, jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkategori AQ camper adalah kesalahan keterampilan proses. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam mengoperasikan perkalian untuk mencari luas permukaan menara. Seharusnya hasil dari perhitungan dari 2 × 3,14 × 10 adalah 251,2 cm2 , namun yang dituliskan 125,6 cm2 . Apabila ditinjau dari kecerdasan AQ, siswa berkategori AQ camper adalah orang yang mau berusaha namun ragu dengan dirinya sendiri. Ketiga, jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkategori peralihan camper ke climber adalah kesalahan transformasi. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam menentukan rumus untuk mencari luas permukaan menara, rumus yang digunakan adalah 𝜋𝑟2 + 2𝜋𝑟𝑡 + 𝜋𝑟𝑠 padahal seharusnya rumus yang digunakan adalah luas selimut tabung yaitu 2𝜋𝑟𝑡 dan luas permukaan selimut kerucut yaitu 𝜋𝑟𝑠. Apabila ditinjau dari kecerdasan AQ siswa berkategori peralihan camper ke climber adalah orang mau berusaha keras serta optimis dengan apa yang dilakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107712
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository