dc.contributor.author | MERIANA, Indah | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T15:58:10Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T15:58:10Z | |
dc.date.issued | 2021-09-16 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107696 | |
dc.description.abstract | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengedarkan surat no 4
Tahun 2020 tentang Penerapan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Darurat
Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang dimana seluruh kegiatan
pendidikan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran
yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan
aplikasi yang berbasis online, siswa dan guru tidak bertemu secara langsung di
dalam kelas. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara daring selama pandemi
covid-19 menggunakan aplikasi yang berbasis online yaitu Whatsapp Group dan
Video Youtube. Pembelajaran daring dalam mata pelajaran IPS ini dapat
memudahkan guru dan siswa yang tidak dapat bertemu secara langsung, sehingga
dengan bantuan aplikasi tersebut guru dapat menyampaikan materi. Pembelajaran
IPS kelas IV dengan materi yang luas dianggap cukup sulit dan tidak mudah
dipahami oleh anak, jika anak tersebut kurang konsentrasi dan kurang
memperhatikan dapat berpengaruh besar terhadapi hasillbelajar siswa. Banyak anak
yang kurang mendapat perhatian dalam menunjang proses pembelajaran
dikarenakan oleh kesibukan orang tua mereka, sehingga hasil belajarr yang diraih
oleh anak kurang maksimal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor
baik secara internal maupun eksternal. Faktor eksternal yang berperan dalam
pemerolehan hasil belajar siswa salah satunya yaitu peran orang tua. Proses
perkembangan perilaku anak merupakan reaksi dari pendidikan orang tua dan
lingkungan keluarga. Kegiatan orang tua saat mendidik maupun mengawasi anak
merupakan stimulus yang akan ditanggapi oleh anak. Reaksi yang dimunculkan
oleh anak akan menjadi perilaku yang melekat pada diri anak, hal ini dapat
menjadikan betapa pentingnya orang tua dalam mendidik anak. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalahh dalam penelitian ini yaitu adakahh hubungan
yang ssignifikan antara peran orang ytua dalam pembelajaran daring dengan hasill
belajar siswa kelas IV SDN Kromengan 05 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Responden pada penelitian iini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32
siswa dan orang tua siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. M Sulthon, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Ips Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Di Sdn Kromengan 05 Malang | en_US |
dc.type | Other | en_US |