Show simple item record

dc.contributor.authorMERIANA, Indah
dc.date.accessioned2022-06-27T15:58:10Z
dc.date.available2022-06-27T15:58:10Z
dc.date.issued2021-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107696
dc.description.abstractMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengedarkan surat no 4 Tahun 2020 tentang Penerapan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang dimana seluruh kegiatan pendidikan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan aplikasi yang berbasis online, siswa dan guru tidak bertemu secara langsung di dalam kelas. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara daring selama pandemi covid-19 menggunakan aplikasi yang berbasis online yaitu Whatsapp Group dan Video Youtube. Pembelajaran daring dalam mata pelajaran IPS ini dapat memudahkan guru dan siswa yang tidak dapat bertemu secara langsung, sehingga dengan bantuan aplikasi tersebut guru dapat menyampaikan materi. Pembelajaran IPS kelas IV dengan materi yang luas dianggap cukup sulit dan tidak mudah dipahami oleh anak, jika anak tersebut kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan dapat berpengaruh besar terhadapi hasillbelajar siswa. Banyak anak yang kurang mendapat perhatian dalam menunjang proses pembelajaran dikarenakan oleh kesibukan orang tua mereka, sehingga hasil belajarr yang diraih oleh anak kurang maksimal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik secara internal maupun eksternal. Faktor eksternal yang berperan dalam pemerolehan hasil belajar siswa salah satunya yaitu peran orang tua. Proses perkembangan perilaku anak merupakan reaksi dari pendidikan orang tua dan lingkungan keluarga. Kegiatan orang tua saat mendidik maupun mengawasi anak merupakan stimulus yang akan ditanggapi oleh anak. Reaksi yang dimunculkan oleh anak akan menjadi perilaku yang melekat pada diri anak, hal ini dapat menjadikan betapa pentingnya orang tua dalam mendidik anak. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalahh dalam penelitian ini yaitu adakahh hubungan yang ssignifikan antara peran orang ytua dalam pembelajaran daring dengan hasill belajar siswa kelas IV SDN Kromengan 05 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Responden pada penelitian iini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa dan orang tua siswa.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. M Sulthon, M.Pd (Dosen Pembimbing) Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.titleHubungan Antara Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Ips Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Di Sdn Kromengan 05 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record