• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Ips Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Di Sdn Kromengan 05 Malang

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Meriana - 170210204003.pdf (3.757Mb)
    Date
    2021-09-16
    Author
    MERIANA, Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengedarkan surat no 4 Tahun 2020 tentang Penerapan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang dimana seluruh kegiatan pendidikan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan aplikasi yang berbasis online, siswa dan guru tidak bertemu secara langsung di dalam kelas. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara daring selama pandemi covid-19 menggunakan aplikasi yang berbasis online yaitu Whatsapp Group dan Video Youtube. Pembelajaran daring dalam mata pelajaran IPS ini dapat memudahkan guru dan siswa yang tidak dapat bertemu secara langsung, sehingga dengan bantuan aplikasi tersebut guru dapat menyampaikan materi. Pembelajaran IPS kelas IV dengan materi yang luas dianggap cukup sulit dan tidak mudah dipahami oleh anak, jika anak tersebut kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan dapat berpengaruh besar terhadapi hasillbelajar siswa. Banyak anak yang kurang mendapat perhatian dalam menunjang proses pembelajaran dikarenakan oleh kesibukan orang tua mereka, sehingga hasil belajarr yang diraih oleh anak kurang maksimal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik secara internal maupun eksternal. Faktor eksternal yang berperan dalam pemerolehan hasil belajar siswa salah satunya yaitu peran orang tua. Proses perkembangan perilaku anak merupakan reaksi dari pendidikan orang tua dan lingkungan keluarga. Kegiatan orang tua saat mendidik maupun mengawasi anak merupakan stimulus yang akan ditanggapi oleh anak. Reaksi yang dimunculkan oleh anak akan menjadi perilaku yang melekat pada diri anak, hal ini dapat menjadikan betapa pentingnya orang tua dalam mendidik anak. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalahh dalam penelitian ini yaitu adakahh hubungan yang ssignifikan antara peran orang ytua dalam pembelajaran daring dengan hasill belajar siswa kelas IV SDN Kromengan 05 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Responden pada penelitian iini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa dan orang tua siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107696
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository