Hubungan Antara Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Ips Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Di Sdn Kromengan 05 Malang
Abstract
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengedarkan surat no 4 
Tahun 2020 tentang Penerapan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Darurat 
Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang dimana seluruh kegiatan 
pendidikan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran 
yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan 
aplikasi yang berbasis online, siswa dan guru tidak bertemu secara langsung di
dalam kelas. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara daring selama pandemi 
covid-19 menggunakan aplikasi yang berbasis online yaitu Whatsapp Group dan 
Video Youtube. Pembelajaran daring dalam mata pelajaran IPS ini dapat 
memudahkan guru dan siswa yang tidak dapat bertemu secara langsung, sehingga 
dengan bantuan aplikasi tersebut guru dapat menyampaikan materi. Pembelajaran 
IPS kelas IV dengan materi yang luas dianggap cukup sulit dan tidak mudah 
dipahami oleh anak, jika anak tersebut kurang konsentrasi dan kurang 
memperhatikan dapat berpengaruh besar terhadapi hasillbelajar siswa. Banyak anak 
yang kurang mendapat perhatian dalam menunjang proses pembelajaran 
dikarenakan oleh kesibukan orang tua mereka, sehingga hasil belajarr yang diraih
oleh anak kurang maksimal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor 
baik secara internal maupun eksternal. Faktor eksternal yang berperan dalam 
pemerolehan hasil belajar siswa salah satunya yaitu peran orang tua. Proses 
perkembangan perilaku anak merupakan reaksi dari pendidikan orang tua dan 
lingkungan keluarga. Kegiatan orang tua saat mendidik maupun mengawasi anak 
merupakan stimulus yang akan ditanggapi oleh anak. Reaksi yang dimunculkan 
oleh anak akan menjadi perilaku yang melekat pada diri anak, hal ini dapat 
menjadikan betapa pentingnya orang tua dalam mendidik anak. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalahh dalam penelitian ini yaitu adakahh hubungan 
yang ssignifikan antara peran orang ytua dalam pembelajaran daring dengan hasill
belajar siswa kelas IV SDN Kromengan 05 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian 
korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. 
Responden pada penelitian iini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 
siswa dan orang tua siswa.
