Analisis Pendidikan Komunal Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di KB AL-Barokah 1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Pendidikan dalam UU SISDIKNAS NO.20 tahun 2003, merupakan suatu
usaha sadar dan terencana demi mewujudkan suasan kegiatan belajar dan
mengajar agar peserta didik dapat aktif mengembangkan potensi yang ada pada
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, penegendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, Akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya
dan masyarakat. Pendidikan anak usia dini yang memperioritaskan pada
pertumbuhan dan aspek-aspek perkembangan anak, Anak usia dini seharusnya
memperoleh bimbingan khusus dimana semua pihak pendidik ikut serta dan saling
bekerjasama demi mewujudkan potensi sehingga pertembuhan dan perkembangan
anak dapat berkembang secara optimal, Anak usia dini merupakan amanah yang
seharusnya di jaga, dibimbing, dibina dan distimulasi supaya aspek-aspek
perkembangan anak dapat berkembang secara optimal, orangtua memiliki
tanggung jawab besar terhadap tumbuh kembang anak ,oleh karena itu
seharusnya sebagai orangtua memiliki pemahaman tentang tumbuh kembang
anak. Maka dalam kerjasama antara pihak pendidik merupakan sesuatu yang dapat
menciptakan sinergi yang baik, Menurut Satria (2019;3) Komunal di artikan
sebagai interaksi sosial yang menciptakan kegiatan kerjasama demi mewujudkan
kepentingan serta keinginan bersama dan tujuan yang sama.
Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah Pendidikan Komunal terhadap perkembangan kognitif anak usia
4-5 tahun di KB Al Barokah 1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun
ajaran 2020/2021? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan
Komunal terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di KB Al Barokah
1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2020/2021.