Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorSARI, Fida Puspita
dc.date.accessioned2022-06-27T15:53:13Z
dc.date.available2022-06-27T15:53:13Z
dc.date.issued2021-01-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107670
dc.description.abstractKonsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran atau terpusatnya perhatian terhadap informasi yang diperoleh seorang siswa selama periode belajar. Konsentrasi belajar ditunjukkan dalam beberapa hal antara lain: a. fokus pandangan, b. adanya perhatian, c. kemampuan menjawab, bertanya, dan sambutan psikomotorik yang baik. Artinya siswa memperhatikan guru, mendengarkan, melihat dan memusatkan fikiran terhadap apa yang disampaikan guru, dan merespon stimulus yang diberikan guru dan menyampingkan semua hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Untuk mengarahkan konsentrasi murid, guru di RA Al Ikrom melakukan penataan ruang kelas seperti halnya 1) pengaturan tempat duduk yang sesekali diubah oleh guru sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan, 2) selalu menjaga kebersihan, memilih cat dinding yang terang, serta menempel gambar-gambar agar anak merasa nyaman ketika berada didalam kelas, 3) Posisi pintu masuk berada di depan kelas dan langsung menghadap ke arah datangnya cahaya agar anak dapat melihat dengan jelas tulisan yang berada di papan tulis, 4) desain dinding sekolahan yang dicat dengan gambar pemandangan yang berwarna cerah serta ruangan kelas yang bersih agar anak tetap nyaman dan bersemangat dalam belajar. Dengan pengaturan ini, anak terlihat tidak cepat bosan dan aktif pada saat proses tanya jawab oleh guru. Suasana belajar juga berlangsung baik karena anak-anak dapat menyimak tulisan di papan tulis dan kegiatan menyalin dapat berlangsung lancar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah penataan ruang kelas terhadap konsentrasi belajar anak kelompok A di RA Al Ikrom Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021?” Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penataan ruang kelas terhadap konsentrasi belajar anak kelompok A1 di RA Al Ikrom Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Misno A. Lathif, M.Pd (Dosen Pembimbing) Dra. Khutobah, M.Pd. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPenataan Ruang Kelasen_US
dc.titleAnalisis Penataanruang Kelasterhadap Konsentrasibelajar Anak Kelompok A1 Dira Al Ikrom Wringinrejo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record