dc.description.abstract | Konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran atau terpusatnya
perhatian terhadap informasi yang diperoleh seorang siswa selama periode belajar.
Konsentrasi belajar ditunjukkan dalam beberapa hal antara lain: a. fokus
pandangan, b. adanya perhatian, c. kemampuan menjawab, bertanya, dan
sambutan psikomotorik yang baik. Artinya siswa memperhatikan guru,
mendengarkan, melihat dan memusatkan fikiran terhadap apa yang disampaikan
guru, dan merespon stimulus yang diberikan guru dan menyampingkan semua hal
yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Untuk mengarahkan konsentrasi murid,
guru di RA Al Ikrom melakukan penataan ruang kelas seperti halnya 1)
pengaturan tempat duduk yang sesekali diubah oleh guru sesuai dengan kegiatan
yang akan dilakukan, 2) selalu menjaga kebersihan, memilih cat dinding yang
terang, serta menempel gambar-gambar agar anak merasa nyaman ketika berada
didalam kelas, 3) Posisi pintu masuk berada di depan kelas dan langsung
menghadap ke arah datangnya cahaya agar anak dapat melihat dengan jelas tulisan
yang berada di papan tulis, 4) desain dinding sekolahan yang dicat dengan gambar
pemandangan yang berwarna cerah serta ruangan kelas yang bersih agar anak
tetap nyaman dan bersemangat dalam belajar. Dengan pengaturan ini, anak
terlihat tidak cepat bosan dan aktif pada saat proses tanya jawab oleh guru.
Suasana belajar juga berlangsung baik karena anak-anak dapat menyimak tulisan
di papan tulis dan kegiatan menyalin dapat berlangsung lancar.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini
adalah “Bagaimanakah penataan ruang kelas terhadap konsentrasi belajar anak
kelompok A di RA Al Ikrom Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten
Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021?” Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penataan ruang kelas terhadap
konsentrasi belajar anak kelompok A1 di RA Al Ikrom Wringinrejo, Kecamatan
Gambiran, Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021. | en_US |