• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penataanruang Kelasterhadap Konsentrasibelajar Anak Kelompok A1 Dira Al Ikrom Wringinrejo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Fida Puspita Sari - 150210205002.pdf (4.200Mb)
    Date
    2021-01-26
    Author
    SARI, Fida Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsentrasi belajar merupakan pemusatan pikiran atau terpusatnya perhatian terhadap informasi yang diperoleh seorang siswa selama periode belajar. Konsentrasi belajar ditunjukkan dalam beberapa hal antara lain: a. fokus pandangan, b. adanya perhatian, c. kemampuan menjawab, bertanya, dan sambutan psikomotorik yang baik. Artinya siswa memperhatikan guru, mendengarkan, melihat dan memusatkan fikiran terhadap apa yang disampaikan guru, dan merespon stimulus yang diberikan guru dan menyampingkan semua hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Untuk mengarahkan konsentrasi murid, guru di RA Al Ikrom melakukan penataan ruang kelas seperti halnya 1) pengaturan tempat duduk yang sesekali diubah oleh guru sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan, 2) selalu menjaga kebersihan, memilih cat dinding yang terang, serta menempel gambar-gambar agar anak merasa nyaman ketika berada didalam kelas, 3) Posisi pintu masuk berada di depan kelas dan langsung menghadap ke arah datangnya cahaya agar anak dapat melihat dengan jelas tulisan yang berada di papan tulis, 4) desain dinding sekolahan yang dicat dengan gambar pemandangan yang berwarna cerah serta ruangan kelas yang bersih agar anak tetap nyaman dan bersemangat dalam belajar. Dengan pengaturan ini, anak terlihat tidak cepat bosan dan aktif pada saat proses tanya jawab oleh guru. Suasana belajar juga berlangsung baik karena anak-anak dapat menyimak tulisan di papan tulis dan kegiatan menyalin dapat berlangsung lancar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah penataan ruang kelas terhadap konsentrasi belajar anak kelompok A di RA Al Ikrom Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021?” Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penataan ruang kelas terhadap konsentrasi belajar anak kelompok A1 di RA Al Ikrom Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107670
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12473]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository