Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting, Positioning, Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Produk Seblak the Preanger Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember
Date
2021-10-15Metadata
Show full item recordAbstract
Sebagian besar orang memiliki berbagai cara dalam menilai suatu produk sebelum dibeli.
Penilaian tersebut tidaklah lepas terhadap suatu informasi yang dibutuhkan oleh pelangan. Ketika
informasi mengenai produk tersebut telah diperoleh dengan baik dan sesuai fakta. Maka,
pelanggan pasti akan melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Kecuali jika informasi
yang didapat tidak sesuai dengan fakta dan tidak jelas, maka pelanggan tidak akan melakukan
suatu pembelian terhadap produk tersebut.
Kemudian berbagai macam faktor yang mempengaruhi dalam pengumpulan informasi
suatu produk. Informasi tersebut berupa kualitas produk, tempat produksi/penjualan, harga yang
sesuai dan terjangkau, dapat memberikan ekspetasi, pelanggan lain setelah membeli dan lain
sebagaianya. Faktor tersebut secara umum yang digunakan oleh pelanggan sebelum membeli
produk tersebut dan sebagai penentu produk tersebut layak dibeli atau tidak.
Selanjutnya pendekatan yang baik yang dilakukan oleh pihak penjual juga merupakan
faktor yang sangat penting dalam mengetahui segala keinginan pelanggan. Ketika keinginan dari
pelanggan dapat dipenuhi oleh pihak penjual, maka pelanggan akan memberikan suatu nilai
positif dan memberikan rekomendasi dengan baik kepada pelanggan lainnya. Rekomendasi
tersebut merupakan suatu nilai tambah positif bagi penjual dalam meningkatkan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi segmenting, targeting, positioning dan
harga terhadap keputusan membeli produk Seblak The Preanger pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100 orang
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan pada
penelitian ini adalah analisis regres linier berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pertama yaitu segmenting
berpengaruh terhadap keputusan membeli, karena lingkungan dan kenyamanan tempat Seblak
The preanger sangat baik. Kedua yaitu targeting berpengaruh terhadap keputusan membeli,
karena Seblak The Preanger berupaya dalam memenuhi setiap keinginan pelanggan. Ketiga
yaitu positioning berpengaruh terhadap keputusan membeli, karena produk yang diperkenalkan
kepada pelanggan sangat baik dan berupaya memberikan kelebihan dari produk tersebut.
Keempat yaitu harga berpengaruh terhadap keputusan membeli, karena Seblak The Preanger
berupaya untuk menyesuaikan kualitas produk dengan harga sehingga dapat diterima oleh
pelanggan.