Show simple item record

dc.contributor.authorSUCI, Dwi Wahyuning Wulan
dc.date.accessioned2022-06-27T15:46:52Z
dc.date.available2022-06-27T15:46:52Z
dc.date.issued2021-10-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107643
dc.description.abstractBuku teks pada umumnya merupakan salah satu jenis bahan ajar cetak yang digunakan pada setiap jenjang pendidikan sebagai bahan ajar utama dalam pembelajaran. Kemendikbud telah mengeluarkan buku teks yang disajikan dalam bentuk tematik yang berisikan tema-tema tertentu dengan mengintegrasikan semua materi pelajaran di dalamnya kecuali matematika dan PJOK pada kelas IV, V, dan VI. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam pendidikan baik sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keaktifan peserta didik dalam belajar. Pemilihan bahan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan buku teks tematik tema 2 selalu berhemat energi pada kelas IV sekolah dasar didasarkan pada lebih seringnya penggunaan tema-tema lain pada penelitian seperti tema 1, tema 6, dan lain sebagainya sehingga buku teks tema 2 jarang digunakan. Sebelumnya proses pembelajaran peserta didik lebih sering menggunakan kegiatan membaca, memahami, serta mengerjarakan tugas, sehingga jarang melakukan kegiatan percobaan untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik. Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa berpengaruh kualitas buku teks yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis terhadap buku tersebut. Analisis dilakukan pada buku teks tematik tema 2 selalu berhemat energi pada kelas IV sekolah dasar menggunakan teori belajar kontruktivisme sebagai acuannya. Teori belajar kontruktivisme digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik dalam proses pembelajaran, karena pada dasarnya teori ini memiliki sifat membangun, baik dari segi pengetahuan dan pemahaman. Kriteria kesesuaian pada penelitian evaluasi yang telah dipilih diperlukan dalam menganalisis buku teks. Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah kesesuaian antara penyajian materi IPA selalu berhemat energi pada buku teks tematik kelas IV tema 2 sekolah dasar berdasarkan teori belajar kontruktivisme?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kesesuaian penyajian materi IPA selalu berhemat energi pada buku teks tematik kelas IV tema 2 sekolah dasar berdasarkan teori belajar kontruktivisme. Ada empat proses pengembangan untuk membentuk pengetahuan seseorang berdasarkan teori belajar kontruktivisme yang disusun oleh Jean Piaget meliputi skema, asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi yang digunakan sebagai pedoman dalam menganalisis materi IPA pada tema 2 selalu berhemat energi. Subjek penelitian adalah buku teks tematik tema 2 dengan judul selalu berhemat energi pada kelas IV sekolah dasar dengan penulis Angi ST. Anggari, Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Pupitawati, Lely Mifthachul Khasanah, dan Santi Hendriyeti. Diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Metode yang digunakan adalah analisis isi (Content analysis). Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen validasi dan instrumen analisis kesesuaian penyajian materi IPA berdasarkan teori belajar kontruktivisme. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analaysis). Data yang dianalisis adalah penyajian materi IPA pada buku tematik tema 2 selalu berhemat energi pada kelas IV sekolah dasar.en_US
dc.description.sponsorshipAgustiningsih, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pembimbing) Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFis. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMateri IPA Selalu Berhemat Energien_US
dc.titleAnalisis Penyajian Materi Ipa Selalu Berhemat Energi Berdasarkan Teori Belajar Kontruktivisme Pada Buku Tematik Kelas IV Tema 2 Sekolah Dasaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record