| dc.description.abstract | Buku teks pada umumnya merupakan salah satu jenis bahan ajar cetak 
yang digunakan pada setiap jenjang pendidikan sebagai bahan ajar utama dalam 
pembelajaran. Kemendikbud telah mengeluarkan buku teks yang disajikan dalam 
bentuk tematik yang berisikan tema-tema tertentu dengan mengintegrasikan 
semua materi pelajaran di dalamnya kecuali matematika dan PJOK pada kelas 
IV, V, dan VI. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting 
dalam pendidikan baik sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keaktifan peserta 
didik dalam belajar. Pemilihan bahan penelitian yang dilakukan dengan 
menggunakan buku teks tematik tema 2 selalu berhemat energi pada kelas IV 
sekolah dasar didasarkan pada lebih seringnya penggunaan tema-tema lain pada 
penelitian seperti tema 1, tema 6, dan lain sebagainya sehingga buku teks tema 2 
jarang digunakan. Sebelumnya proses pembelajaran peserta didik lebih sering 
menggunakan kegiatan membaca, memahami, serta mengerjarakan tugas, 
sehingga jarang melakukan kegiatan percobaan untuk mengembangkan 
pengetahuan peserta didik.
Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa berpengaruh kualitas buku 
teks yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis terhadap buku tersebut.
Analisis dilakukan pada buku teks tematik tema 2 selalu berhemat energi pada 
kelas IV sekolah dasar menggunakan teori belajar kontruktivisme sebagai 
acuannya. Teori belajar kontruktivisme digunakan untuk mengetahui 
kemampuan kognitif peserta didik dalam proses pembelajaran, karena pada 
dasarnya teori ini memiliki sifat membangun, baik dari segi pengetahuan dan 
pemahaman. Kriteria kesesuaian pada penelitian evaluasi yang telah dipilih 
diperlukan dalam menganalisis buku teks.
Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini 
adalah “bagaimanakah kesesuaian antara penyajian materi IPA selalu berhemat 
energi pada buku teks tematik kelas IV tema 2 sekolah dasar berdasarkan teori 
belajar kontruktivisme?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan 
kesesuaian penyajian materi IPA selalu berhemat energi pada buku teks tematik 
kelas IV tema 2 sekolah dasar berdasarkan teori belajar kontruktivisme. Ada 
empat proses pengembangan untuk membentuk pengetahuan seseorang
berdasarkan teori belajar kontruktivisme yang disusun oleh Jean Piaget meliputi
skema, asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi yang digunakan sebagai pedoman dalam menganalisis materi IPA pada tema 2 selalu berhemat energi. Subjek 
penelitian adalah buku teks tematik tema 2 dengan judul selalu berhemat energi 
pada kelas IV sekolah dasar dengan penulis Angi ST. Anggari, Afriki, Dara 
Retno Wulan, Nuniek Pupitawati, Lely Mifthachul Khasanah, dan Santi 
Hendriyeti. Diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 
2017. Metode yang digunakan adalah analisis isi (Content analysis). Instrumen 
penelitian yang digunakan berupa instrumen validasi dan instrumen analisis 
kesesuaian penyajian materi IPA berdasarkan teori belajar kontruktivisme. 
Analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analaysis). Data 
yang dianalisis adalah penyajian materi IPA pada buku tematik tema 2 selalu 
berhemat energi pada kelas IV sekolah dasar. | en_US |