Analisis Penyajian Materi Ipa Selalu Berhemat Energi Berdasarkan Teori Belajar Kontruktivisme Pada Buku Tematik Kelas IV Tema 2 Sekolah Dasar
Abstract
Buku teks pada umumnya merupakan salah satu jenis bahan ajar cetak
yang digunakan pada setiap jenjang pendidikan sebagai bahan ajar utama dalam
pembelajaran. Kemendikbud telah mengeluarkan buku teks yang disajikan dalam
bentuk tematik yang berisikan tema-tema tertentu dengan mengintegrasikan
semua materi pelajaran di dalamnya kecuali matematika dan PJOK pada kelas
IV, V, dan VI. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting
dalam pendidikan baik sikap, pengetahuan, keterampilan, dan keaktifan peserta
didik dalam belajar. Pemilihan bahan penelitian yang dilakukan dengan
menggunakan buku teks tematik tema 2 selalu berhemat energi pada kelas IV
sekolah dasar didasarkan pada lebih seringnya penggunaan tema-tema lain pada
penelitian seperti tema 1, tema 6, dan lain sebagainya sehingga buku teks tema 2
jarang digunakan. Sebelumnya proses pembelajaran peserta didik lebih sering
menggunakan kegiatan membaca, memahami, serta mengerjarakan tugas,
sehingga jarang melakukan kegiatan percobaan untuk mengembangkan
pengetahuan peserta didik.
Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa berpengaruh kualitas buku
teks yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis terhadap buku tersebut.
Analisis dilakukan pada buku teks tematik tema 2 selalu berhemat energi pada
kelas IV sekolah dasar menggunakan teori belajar kontruktivisme sebagai
acuannya. Teori belajar kontruktivisme digunakan untuk mengetahui
kemampuan kognitif peserta didik dalam proses pembelajaran, karena pada
dasarnya teori ini memiliki sifat membangun, baik dari segi pengetahuan dan
pemahaman. Kriteria kesesuaian pada penelitian evaluasi yang telah dipilih
diperlukan dalam menganalisis buku teks.
Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah “bagaimanakah kesesuaian antara penyajian materi IPA selalu berhemat
energi pada buku teks tematik kelas IV tema 2 sekolah dasar berdasarkan teori
belajar kontruktivisme?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan
kesesuaian penyajian materi IPA selalu berhemat energi pada buku teks tematik
kelas IV tema 2 sekolah dasar berdasarkan teori belajar kontruktivisme. Ada
empat proses pengembangan untuk membentuk pengetahuan seseorang
berdasarkan teori belajar kontruktivisme yang disusun oleh Jean Piaget meliputi
skema, asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi yang digunakan sebagai pedoman dalam menganalisis materi IPA pada tema 2 selalu berhemat energi. Subjek
penelitian adalah buku teks tematik tema 2 dengan judul selalu berhemat energi
pada kelas IV sekolah dasar dengan penulis Angi ST. Anggari, Afriki, Dara
Retno Wulan, Nuniek Pupitawati, Lely Mifthachul Khasanah, dan Santi
Hendriyeti. Diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun
2017. Metode yang digunakan adalah analisis isi (Content analysis). Instrumen
penelitian yang digunakan berupa instrumen validasi dan instrumen analisis
kesesuaian penyajian materi IPA berdasarkan teori belajar kontruktivisme.
Analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analaysis). Data
yang dianalisis adalah penyajian materi IPA pada buku tematik tema 2 selalu
berhemat energi pada kelas IV sekolah dasar.