dc.contributor.author | YUNIAR, Diah Shafira | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T15:40:58Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T15:40:58Z | |
dc.date.issued | 2021-10-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107629 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan sekelompok orang
yang diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran
merupakan definisi dari pendidikan (Judiani, 2010). Adanya pendidikan
diharapkan memberikan dampak yang baik kepada pesertan didik nantinya.
Terdapat latihan soal yang berisi pengetahuan dalam buku peserta didik tema
perkembangan teknologi. Latihan soal dalam buku peserta didik meliputi pilihan
ganda dan uraian.
Fokus penelitian adalah analisis latihan soal pada buku peserta didik. Analisis
dimensi proses kognitif latihan soal pada buku peserta didik sangat penting
dilakukan agar nantinya dapat diklasifikasi berdasarkan Taksonomi Bloom revisi
Anderson dan Krathwohl. Adanya latar belakang yang telah dijelaskan, peneliti
akan melakukan peneltian dengan judul “Dimensi proses kognitif latihan soal
pada buku peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah persentase dimensi
proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 7 kelas III
berdasarkan Taksonomi Bloom?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema
7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom.
Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas III SDN Karangrejo
02, guru belum pernah melakukan analisis latihan soal yang ada pada buku peserta
didik. hasil penelitian yang telah dilakukan jumlah dan persentase latihan soal
untuk masing-masing kategori kognitif menunjukkan dalam penyebarannya tidak
merata. Hal ini dikarenakan karakteristik materi yang disampaikan menumpuk
pada latihan soal kemampuan C2 atau memahami seperti menuliskan kembali
kalimat/paragraf sendiri tanpa merubah arti informasi aslinya, memperkirakan kemungkinan yang terjadi dari suatu informasi dan menemukan contoh ilustrasi
tentang suatu konsep. terdapat persentase sebesar 15,4% untuk soal C1 atau
sebanyak 15 soal pada subtema 1-4. Soal C2 sebesar 47,4% atau sebanyak 46 soal
pada subtema 1-4. Soal C3 sebesar 12,3% atau sebanyak 12 soal yang menyebar
pada subtema 1-4. Soal C4 sebesar 11,3% atau sebanyak 11 soal yang menyebar
pada subtema 1-4. Soal C5 sebesar 7,21% atau sebanyak 7 soal yang menyebar
pada subtema 2-4. Soal C6 sebesar 6,25% atau 6 soal yang menyebar pada
subtema 2-4. | en_US |
dc.description.sponsorship | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd.,M.Pd (Dosen Pembimbing)
Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si (Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Dimensi proses kognitif latihan | en_US |
dc.title | Dimensi Proses Kognitif Latihan Soal Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Buku Teks Peserta Didik Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi | en_US |
dc.type | Other | en_US |