Show simple item record

dc.contributor.authorYUNIAR, Diah Shafira
dc.date.accessioned2022-06-27T15:40:58Z
dc.date.available2022-06-27T15:40:58Z
dc.date.issued2021-10-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107629
dc.description.abstractPembelajaran pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran merupakan definisi dari pendidikan (Judiani, 2010). Adanya pendidikan diharapkan memberikan dampak yang baik kepada pesertan didik nantinya. Terdapat latihan soal yang berisi pengetahuan dalam buku peserta didik tema perkembangan teknologi. Latihan soal dalam buku peserta didik meliputi pilihan ganda dan uraian. Fokus penelitian adalah analisis latihan soal pada buku peserta didik. Analisis dimensi proses kognitif latihan soal pada buku peserta didik sangat penting dilakukan agar nantinya dapat diklasifikasi berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl. Adanya latar belakang yang telah dijelaskan, peneliti akan melakukan peneltian dengan judul “Dimensi proses kognitif latihan soal pada buku peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom. Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas III SDN Karangrejo 02, guru belum pernah melakukan analisis latihan soal yang ada pada buku peserta didik. hasil penelitian yang telah dilakukan jumlah dan persentase latihan soal untuk masing-masing kategori kognitif menunjukkan dalam penyebarannya tidak merata. Hal ini dikarenakan karakteristik materi yang disampaikan menumpuk pada latihan soal kemampuan C2 atau memahami seperti menuliskan kembali kalimat/paragraf sendiri tanpa merubah arti informasi aslinya, memperkirakan kemungkinan yang terjadi dari suatu informasi dan menemukan contoh ilustrasi tentang suatu konsep. terdapat persentase sebesar 15,4% untuk soal C1 atau sebanyak 15 soal pada subtema 1-4. Soal C2 sebesar 47,4% atau sebanyak 46 soal pada subtema 1-4. Soal C3 sebesar 12,3% atau sebanyak 12 soal yang menyebar pada subtema 1-4. Soal C4 sebesar 11,3% atau sebanyak 11 soal yang menyebar pada subtema 1-4. Soal C5 sebesar 7,21% atau sebanyak 7 soal yang menyebar pada subtema 2-4. Soal C6 sebesar 6,25% atau 6 soal yang menyebar pada subtema 2-4.en_US
dc.description.sponsorshipChumi Zahroul Fitriyah, S.Pd.,M.Pd (Dosen Pembimbing) Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDimensi proses kognitif latihanen_US
dc.titleDimensi Proses Kognitif Latihan Soal Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Buku Teks Peserta Didik Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record