Dimensi Proses Kognitif Latihan Soal Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Buku Teks Peserta Didik Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi
Abstract
Pembelajaran pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan sekelompok orang 
yang diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran 
merupakan definisi dari pendidikan (Judiani, 2010). Adanya pendidikan 
diharapkan memberikan dampak yang baik kepada pesertan didik nantinya. 
Terdapat latihan soal yang berisi pengetahuan dalam buku peserta didik tema 
perkembangan teknologi. Latihan soal dalam buku peserta didik meliputi pilihan 
ganda dan uraian. 
Fokus penelitian adalah analisis latihan soal pada buku peserta didik. Analisis 
dimensi proses kognitif latihan soal pada buku peserta didik sangat penting 
dilakukan agar nantinya dapat diklasifikasi berdasarkan Taksonomi Bloom revisi 
Anderson dan Krathwohl. Adanya latar belakang yang telah dijelaskan, peneliti 
akan melakukan peneltian dengan judul “Dimensi proses kognitif latihan soal 
pada buku peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom. 
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah persentase dimensi 
proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 7 kelas III 
berdasarkan Taksonomi Bloom?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 
persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 
7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom. 
Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas III SDN Karangrejo 
02, guru belum pernah melakukan analisis latihan soal yang ada pada buku peserta 
didik. hasil penelitian yang telah dilakukan jumlah dan persentase latihan soal 
untuk masing-masing kategori kognitif menunjukkan dalam penyebarannya tidak 
merata. Hal ini dikarenakan karakteristik materi yang disampaikan menumpuk 
pada latihan soal kemampuan C2 atau memahami seperti menuliskan kembali 
kalimat/paragraf sendiri tanpa merubah arti informasi aslinya, memperkirakan kemungkinan yang terjadi dari suatu informasi dan menemukan contoh ilustrasi 
tentang suatu konsep. terdapat persentase sebesar 15,4% untuk soal C1 atau 
sebanyak 15 soal pada subtema 1-4. Soal C2 sebesar 47,4% atau sebanyak 46 soal 
pada subtema 1-4. Soal C3 sebesar 12,3% atau sebanyak 12 soal yang menyebar 
pada subtema 1-4. Soal C4 sebesar 11,3% atau sebanyak 11 soal yang menyebar 
pada subtema 1-4. Soal C5 sebesar 7,21% atau sebanyak 7 soal yang menyebar 
pada subtema 2-4. Soal C6 sebesar 6,25% atau 6 soal yang menyebar pada 
subtema 2-4.