• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dimensi Proses Kognitif Latihan Soal Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Buku Teks Peserta Didik Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi

    Thumbnail
    View/Open
    DIAN RAVITA PRILLYA PUTRI - 171710201086.pdf (1.958Mb)
    Date
    2021-10-18
    Author
    YUNIAR, Diah Shafira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran merupakan definisi dari pendidikan (Judiani, 2010). Adanya pendidikan diharapkan memberikan dampak yang baik kepada pesertan didik nantinya. Terdapat latihan soal yang berisi pengetahuan dalam buku peserta didik tema perkembangan teknologi. Latihan soal dalam buku peserta didik meliputi pilihan ganda dan uraian. Fokus penelitian adalah analisis latihan soal pada buku peserta didik. Analisis dimensi proses kognitif latihan soal pada buku peserta didik sangat penting dilakukan agar nantinya dapat diklasifikasi berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl. Adanya latar belakang yang telah dijelaskan, peneliti akan melakukan peneltian dengan judul “Dimensi proses kognitif latihan soal pada buku peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku teks peserta didik tema 7 kelas III berdasarkan Taksonomi Bloom. Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas III SDN Karangrejo 02, guru belum pernah melakukan analisis latihan soal yang ada pada buku peserta didik. hasil penelitian yang telah dilakukan jumlah dan persentase latihan soal untuk masing-masing kategori kognitif menunjukkan dalam penyebarannya tidak merata. Hal ini dikarenakan karakteristik materi yang disampaikan menumpuk pada latihan soal kemampuan C2 atau memahami seperti menuliskan kembali kalimat/paragraf sendiri tanpa merubah arti informasi aslinya, memperkirakan kemungkinan yang terjadi dari suatu informasi dan menemukan contoh ilustrasi tentang suatu konsep. terdapat persentase sebesar 15,4% untuk soal C1 atau sebanyak 15 soal pada subtema 1-4. Soal C2 sebesar 47,4% atau sebanyak 46 soal pada subtema 1-4. Soal C3 sebesar 12,3% atau sebanyak 12 soal yang menyebar pada subtema 1-4. Soal C4 sebesar 11,3% atau sebanyak 11 soal yang menyebar pada subtema 1-4. Soal C5 sebesar 7,21% atau sebanyak 7 soal yang menyebar pada subtema 2-4. Soal C6 sebesar 6,25% atau 6 soal yang menyebar pada subtema 2-4.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107629
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15350]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository