Show simple item record

dc.contributor.authorFEBRIANTI, Nia Savira
dc.date.accessioned2022-06-27T15:35:19Z
dc.date.available2022-06-27T15:35:19Z
dc.date.issued2021-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107617
dc.description.abstractPembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntut siswa mampu berpikir logis dan kritis, sehingga dapat memecahkan berbagai masalah di kehidupan nyata melalui kegiatan pembelajaran yang mendorong keterampilan berpikir kritis. Salah materi dalam pembelajaran IPA yaitu getaran, gelombang dan bunyi yang sifatnya abstrak, sukar dipahami dan sering menimbulkan salah konsep, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Masih banyak guru yang menyampaikan pembelajaran fisika dengan ceramah saja yang mengacu pada buku paket dari sekolah, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran yang dikaitkan dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai target. Hal ini dapat disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi, selain itu guru sering merasakan kesulitan dalam mencari media untuk memvisualisasikan bentuk getaran dan gelombang, peralatan laboratorium dan kemampuan guru juga sangat terbatas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan media dalam menyampaikan sebuah materi, dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi, serta mempermudah konsep yang abstrak menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti yaitu menggunakan aplikasi android yang bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga dengan adanya media pembelajaran melalui aplikasi android ini diharapkan dapat memudahkan siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa, dan (2) mengkaji pengaruh pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwoharjo yang menggunakan dua kelas yaitu 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas 8B sebagai kelas kontrol yang didalamnya terdapat 32 siswa di masing-masing kelas. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS. Hasil penelitian untuk menguji hipotesis pertama dan kedua diperoleh data yang berdistribusi normal sehingga dapat dilanjutkan dengan uji parametrik menggunakan uji independent sample t-test. Setelah dilakukan uji tersebut diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kata lain 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya melakukan uji t - pihak kanan yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya nilai rata – rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Oleh karena itu, pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. (2) Ada pengaruh signifikan pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Supeno, S.Pd., M.Pi Dosen Pembimbing Anggota : Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Een_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectaplikasi androiden_US
dc.subjectGetaran dan Gelombangen_US
dc.titlePengaruh Pemanfaatan Aplikasi Android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record