dc.description.abstract | Pembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntut siswa mampu berpikir logis
dan kritis, sehingga dapat memecahkan berbagai masalah di kehidupan nyata
melalui kegiatan pembelajaran yang mendorong keterampilan berpikir kritis.
Salah materi dalam pembelajaran IPA yaitu getaran, gelombang dan bunyi yang
sifatnya abstrak, sukar dipahami dan sering menimbulkan salah konsep, sehingga
menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Masih banyak guru yang
menyampaikan pembelajaran fisika dengan ceramah saja yang mengacu pada
buku paket dari sekolah, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran yang
dikaitkan dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar
siswa belum mencapai target. Hal ini dapat disebabkan karena proses
pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi, selain itu guru sering
merasakan kesulitan dalam mencari media untuk memvisualisasikan bentuk
getaran dan gelombang, peralatan laboratorium dan kemampuan guru juga sangat
terbatas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan
menggunakan bantuan media dalam menyampaikan sebuah materi, dan membuat
proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi, serta mempermudah konsep yang
abstrak menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti yaitu menggunakan
aplikasi android yang bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan, sehingga dengan adanya media pembelajaran
melalui aplikasi android ini diharapkan dapat memudahkan siswa untuk
meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh pemanfaatan
aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap hasil
belajar siswa, dan (2) mengkaji pengaruh pemanfaatan aplikasi android Getaran
dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain
penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dan
sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwoharjo yang
menggunakan dua kelas yaitu 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas 8B sebagai
kelas kontrol yang didalamnya terdapat 32 siswa di masing-masing kelas. Teknik
dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah
menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah
berbantuan SPSS.
Hasil penelitian untuk menguji hipotesis pertama dan kedua diperoleh data
yang berdistribusi normal sehingga dapat dilanjutkan dengan uji parametrik
menggunakan uji independent sample t-test. Setelah dilakukan uji tersebut
diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kata lain 0,000 < 0,05
sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata
skor hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Selanjutnya melakukan uji t - pihak kanan yang menunjukkan
bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima yang artinya nilai rata – rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan
dengan kelas kontrol. Oleh karena itu, pemanfaatan aplikasi android Getaran dan
Gelombang dalam pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa:
(1) Ada pengaruh signifikan pemanfaatan aplikasi android Getaran dan
Gelombang dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. (2) Ada
pengaruh signifikan pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam
pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. | en_US |