• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    NIA SAVIRA FEBRIANTI - 170210104018.pdf (4.679Mb)
    Date
    2021-05-24
    Author
    FEBRIANTI, Nia Savira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntut siswa mampu berpikir logis dan kritis, sehingga dapat memecahkan berbagai masalah di kehidupan nyata melalui kegiatan pembelajaran yang mendorong keterampilan berpikir kritis. Salah materi dalam pembelajaran IPA yaitu getaran, gelombang dan bunyi yang sifatnya abstrak, sukar dipahami dan sering menimbulkan salah konsep, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Masih banyak guru yang menyampaikan pembelajaran fisika dengan ceramah saja yang mengacu pada buku paket dari sekolah, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran yang dikaitkan dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai target. Hal ini dapat disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi, selain itu guru sering merasakan kesulitan dalam mencari media untuk memvisualisasikan bentuk getaran dan gelombang, peralatan laboratorium dan kemampuan guru juga sangat terbatas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan media dalam menyampaikan sebuah materi, dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi, serta mempermudah konsep yang abstrak menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti yaitu menggunakan aplikasi android yang bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga dengan adanya media pembelajaran melalui aplikasi android ini diharapkan dapat memudahkan siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa, dan (2) mengkaji pengaruh pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam Pembelajaran IPA terhadap terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwoharjo yang menggunakan dua kelas yaitu 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas 8B sebagai kelas kontrol yang didalamnya terdapat 32 siswa di masing-masing kelas. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS. Hasil penelitian untuk menguji hipotesis pertama dan kedua diperoleh data yang berdistribusi normal sehingga dapat dilanjutkan dengan uji parametrik menggunakan uji independent sample t-test. Setelah dilakukan uji tersebut diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kata lain 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya melakukan uji t - pihak kanan yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya nilai rata – rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Oleh karena itu, pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. (2) Ada pengaruh signifikan pemanfaatan aplikasi android Getaran dan Gelombang dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107617
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository