dc.contributor.author | PRAMUDYA, Clarita Ika | |
dc.date.accessioned | 2022-06-27T15:33:54Z | |
dc.date.available | 2022-06-27T15:33:54Z | |
dc.date.issued | 2021-09-02 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107605 | |
dc.description.abstract | Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry)
Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan
Literasi Sains Siswa SMP. Clarita Ika Pramudya, 170210104083; 2021; 47
Halaman; Program Studi Pendidikan IPA Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang mempelajari
setiap fenomena yang terjadi di alam semsesta berupa fakta, konsep dan hukum
untuk di uji kebenarannya melalui serangkaian proses ilmiah. Namun permasalahan
pembelajaran IPA saat ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka
masih kurang dalam memahami konsep sains dan pengaplikasiannya dalam
kehidupan sehari-hari. Selain itu dari Studi PISA 2018 kemampuan literasi sains
siswa di Indonesia kategori rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan
memperbaiki proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model
pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dan terlibat langsung dalam
pembelajaran, sehingga dapat lebih mudah memahami konsep sains dan
pengaplikasiannya, serta mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah model
pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry).
Model Pembelajaran GI-GI tepat digunakan karena dalam proses
pembelajaran berpusat pada siswa dan pembelajaran aktif mencari. Sehingga dapat
dikatakan penerapan model pembelajaran GI-GI akan mampu mengatasi
permasalahan. Salah satu materi IPA yang dapat digunakan yang berhubungan
dengan fenomena yang terjadi di alam semesta yaitu materi perubahan iklim.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji pengaruh model GI-GI
(Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi pemanasan global terhadap
literasi sains dalam pembelajaran IPA di SMP. 2) Mengkaji pengaruh model GI-GI
(Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi pemanasan global terhadap hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah kuasi | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Sutarto, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd., M (Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Materi Perubahan Iklim | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp | en_US |
dc.type | Other | en_US |