Show simple item record

dc.contributor.authorPRAMUDYA, Clarita Ika
dc.date.accessioned2022-06-27T15:33:54Z
dc.date.available2022-06-27T15:33:54Z
dc.date.issued2021-09-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107605
dc.description.abstractPengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Clarita Ika Pramudya, 170210104083; 2021; 47 Halaman; Program Studi Pendidikan IPA Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang mempelajari setiap fenomena yang terjadi di alam semsesta berupa fakta, konsep dan hukum untuk di uji kebenarannya melalui serangkaian proses ilmiah. Namun permasalahan pembelajaran IPA saat ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka masih kurang dalam memahami konsep sains dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dari Studi PISA 2018 kemampuan literasi sains siswa di Indonesia kategori rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan memperbaiki proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran, sehingga dapat lebih mudah memahami konsep sains dan pengaplikasiannya, serta mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Model Pembelajaran GI-GI tepat digunakan karena dalam proses pembelajaran berpusat pada siswa dan pembelajaran aktif mencari. Sehingga dapat dikatakan penerapan model pembelajaran GI-GI akan mampu mengatasi permasalahan. Salah satu materi IPA yang dapat digunakan yang berhubungan dengan fenomena yang terjadi di alam semesta yaitu materi perubahan iklim. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi pemanasan global terhadap literasi sains dalam pembelajaran IPA di SMP. 2) Mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah kuasien_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sutarto, M.Pd (Dosen Pembimbing) Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd., M (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMateri Perubahan Iklimen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smpen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record