• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp

    Thumbnail
    View/Open
    CLARITA IKA PRAMUDYA - 170210104083.pdf (4.287Mb)
    Date
    2021-09-02
    Author
    PRAMUDYA, Clarita Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Materi Perubahan Iklim Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Clarita Ika Pramudya, 170210104083; 2021; 47 Halaman; Program Studi Pendidikan IPA Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang mempelajari setiap fenomena yang terjadi di alam semsesta berupa fakta, konsep dan hukum untuk di uji kebenarannya melalui serangkaian proses ilmiah. Namun permasalahan pembelajaran IPA saat ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka masih kurang dalam memahami konsep sains dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dari Studi PISA 2018 kemampuan literasi sains siswa di Indonesia kategori rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan memperbaiki proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran, sehingga dapat lebih mudah memahami konsep sains dan pengaplikasiannya, serta mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Model Pembelajaran GI-GI tepat digunakan karena dalam proses pembelajaran berpusat pada siswa dan pembelajaran aktif mencari. Sehingga dapat dikatakan penerapan model pembelajaran GI-GI akan mampu mengatasi permasalahan. Salah satu materi IPA yang dapat digunakan yang berhubungan dengan fenomena yang terjadi di alam semesta yaitu materi perubahan iklim. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi pemanasan global terhadap literasi sains dalam pembelajaran IPA di SMP. 2) Mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah kuasi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107605
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository