Show simple item record

dc.contributor.authorARIFI, Muhammad Faizal
dc.date.accessioned2022-06-27T15:29:17Z
dc.date.available2022-06-27T15:29:17Z
dc.date.issued2021-07-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107593
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara agraris sehingga masih banyak terdapat lingkungan pertanian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada sektor pertanian ialah melalui pendidikan, dan implementasi dari pendidikan pada sektor pertanian dapat diterapkan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan pertanian. Berdasarkan wawancara pada salah satu SMK jurusan pertanian di Jember dihasilkan bahwa minat siswa SMK terhadap mata pelajaran fisika masih sangat rendah. Maka untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan adanya sebuah inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan ialah dengan memanfaatkan lingkungan yang ada disekitar peserta didik menjadi sebuah pembelajaran. Terkhusus mata pelajaran fisika, karena peserta didik akan lebih berminat terhadap pelajaran fisika jika pembelajaran di dalam kelas tidak dipisahkan dari pengalaman dan lingkungan sehari-harinya. Dalam lingkup pertanian, alat-alat pertanian erat hubunganya dengan konsep fisika, dan salah satunya ialah alat pertanian cangkul. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil kajian analisis konsep fisika pada penggunaan alat pertanian cangkul oleh petani, selanjutnya dari kajian tersebut dirancang sebuah draft bahan pembelajaran fisika. Penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Sehingga dihasilkan bahwa terdapat beberapa konsep fisika pada penggunaan cangkul dalam mengolah tanah mulai dari konsep fisika yang sederhana untuk tingkat dasar hingga konsep fisika untuk tingkat lanjut. Adapun hasil konsep fisika yang terdapat dalam kegiatan mencangkul mulai dari keuntungan mekanis penggunaan cangkul, momen gaya saat mengayunkan cangkul, gaya tekan yang diberikan oleh cangkul, gaya angkat ketika mengangkat tanah, gaya tarik ketika menarik tanah, serta usaha dan energi yang dikeluarkan saat kegiatan mencangkul.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si. Pembimbing Anggota : Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKonsep Fisikaen_US
dc.subjectCangkulen_US
dc.titleAnalisis Konsep Fisika Pada Penggunaan Alat Pertanian Cangkul Oleh Petani Sebagai Bahan Pembelajaran Fisikaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record