Show simple item record

dc.contributor.authorUTOMO, Moh. Alif Dio
dc.date.accessioned2022-06-27T15:28:47Z
dc.date.available2022-06-27T15:28:47Z
dc.date.issued2021-06-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107589
dc.description.abstractMasa pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap bidang sosial, ekonomi bahkan pendidikan, dikarenakan segala kegiatan harus dilakukan di rumah. Sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran (Covid-19) terkait proses belajar menyatakan bahwa belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Masa pandemi Covid-19 ini bisa dikatakan sebagai sebuah peluang dalam dunia pendidikan, baik pemanfaatan teknologi seiring dengan industri 4.0, maupun orangtua sebagai mentor. Harapannya, pasca pandemi Covid-19, guru dan peserta didik menjadi terbiasa dengan sistem saat ini sebagai budaya pembelajaran dalam pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Platform pembelajaran daring manakah yang lebih efektif antara Whatsapp dibanding Zoom Meeting dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Sebaung 01 Kabupaten Probolinggo? Dan Adakah perbedaan hasil pembelajaran antara laki-laki dan perempuan dengan metode pembelajaran daring?” Desain penelitian menggunakan Ex-Post Facto dengan pola pretest-posttest. Responden yang digunakan adalah peserta didik SDN Sebaung 01, Probolinggo kelas V yang mana terbagi menjadi dua kelompok, kelas VA dijadikan sebagai kelompok belajar Zoom meeting sedangkan kelas VB dijadikan sebagai kelmpok belajar Whatsapp. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 08-17 Maret 2021. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan menggunakan analisis statistik deskriptif sampel independen. Analisis data statistik merupakan salah satu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan (meyakinkan) dari dua buah mean sampel dua variabel yang dikomparatifkan. Hasil perhitungan diketahui rata-rata dari kelas Zoom meeting cloud sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 79,37 dan nilai rata-rata setelah pembelajaran menggunakan platform Zoom meeting cloud sebesar 90,31, jumlah rata-rata dari selisih nilai rata-rata pretest dan postest sebesar 10,93. Sedangkan dari kelas Whatsapp sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 80,93 setelah pembelajaran menggunakan platform Whatsapp sebesar 86,25, jumlah rata-rata hasil dari selisih nilai pretest dan postest sebesar 5,31. Hasil perhitungan menggunakan statistik deskriptif mendapatkan nilai rata-rata untuk gender laki-laki sebelum pembelajaran sebesar 79,68, sedangkan hasil nilai rata-rata untuk gender laki-laki setelah pembelajaran sebesar 89,37. Selisih nilai rata-rata sebelum dan setelah melaksanakan pembelajaran untuk gender laki-laki sebesar 9,69. Nilai rata-rata untuk gender perempuan sebelum menerima pembelajaran sebesar 80,62, sedangkan hasil nilai rata-rata untuk gender perempuan setelah pembelajaran sebesar 87,18. Selisih nilai rata-rata untuk gender perempuan sebelum dan setelah pembelajaran sebesar 6,56. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada pembelajaran daring menggunakan platform Zoom meeting cloud pada pembelajaran matematika untuk materi volume bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN Sebaung 01 Probolinggo. Perbedaan gender ternyata ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada SDN Sebaung 01 Probolinggo. Saran hasil riset ini adalah di harapkan lebih optimal atau maksimal dalam pengambilan sampel dikarenakan pada penelitian ini belum bisa optimal atau maksimal dengan baik dikarenakan kurun waktu pada pengambilan sampel yang hanya membutuhkan 3 kali pertemuan saja. Sedangkan saran untuk hasil riset selanjutnya perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pembelajaran daring masih tetap dilaksanakan dan platform Zoom meeting cloud apakah masih memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran daring.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr. Mutrofin, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ridho Alfarisi, S.Pd, M.Si.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectRuang Kubusen_US
dc.subjectBaloken_US
dc.titleKefektifan Pembelajaran Daring Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas V SDN Sebaung 1 Probolinggoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record