• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kefektifan Pembelajaran Daring Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas V SDN Sebaung 1 Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Moh.Alif Dio Utomo - 170210204021.pdf (1.736Mb)
    Date
    2021-06-22
    Author
    UTOMO, Moh. Alif Dio
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap bidang sosial, ekonomi bahkan pendidikan, dikarenakan segala kegiatan harus dilakukan di rumah. Sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran (Covid-19) terkait proses belajar menyatakan bahwa belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Masa pandemi Covid-19 ini bisa dikatakan sebagai sebuah peluang dalam dunia pendidikan, baik pemanfaatan teknologi seiring dengan industri 4.0, maupun orangtua sebagai mentor. Harapannya, pasca pandemi Covid-19, guru dan peserta didik menjadi terbiasa dengan sistem saat ini sebagai budaya pembelajaran dalam pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Platform pembelajaran daring manakah yang lebih efektif antara Whatsapp dibanding Zoom Meeting dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Sebaung 01 Kabupaten Probolinggo? Dan Adakah perbedaan hasil pembelajaran antara laki-laki dan perempuan dengan metode pembelajaran daring?” Desain penelitian menggunakan Ex-Post Facto dengan pola pretest-posttest. Responden yang digunakan adalah peserta didik SDN Sebaung 01, Probolinggo kelas V yang mana terbagi menjadi dua kelompok, kelas VA dijadikan sebagai kelompok belajar Zoom meeting sedangkan kelas VB dijadikan sebagai kelmpok belajar Whatsapp. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 08-17 Maret 2021. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan menggunakan analisis statistik deskriptif sampel independen. Analisis data statistik merupakan salah satu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan (meyakinkan) dari dua buah mean sampel dua variabel yang dikomparatifkan. Hasil perhitungan diketahui rata-rata dari kelas Zoom meeting cloud sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 79,37 dan nilai rata-rata setelah pembelajaran menggunakan platform Zoom meeting cloud sebesar 90,31, jumlah rata-rata dari selisih nilai rata-rata pretest dan postest sebesar 10,93. Sedangkan dari kelas Whatsapp sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 80,93 setelah pembelajaran menggunakan platform Whatsapp sebesar 86,25, jumlah rata-rata hasil dari selisih nilai pretest dan postest sebesar 5,31. Hasil perhitungan menggunakan statistik deskriptif mendapatkan nilai rata-rata untuk gender laki-laki sebelum pembelajaran sebesar 79,68, sedangkan hasil nilai rata-rata untuk gender laki-laki setelah pembelajaran sebesar 89,37. Selisih nilai rata-rata sebelum dan setelah melaksanakan pembelajaran untuk gender laki-laki sebesar 9,69. Nilai rata-rata untuk gender perempuan sebelum menerima pembelajaran sebesar 80,62, sedangkan hasil nilai rata-rata untuk gender perempuan setelah pembelajaran sebesar 87,18. Selisih nilai rata-rata untuk gender perempuan sebelum dan setelah pembelajaran sebesar 6,56. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada pembelajaran daring menggunakan platform Zoom meeting cloud pada pembelajaran matematika untuk materi volume bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN Sebaung 01 Probolinggo. Perbedaan gender ternyata ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada SDN Sebaung 01 Probolinggo. Saran hasil riset ini adalah di harapkan lebih optimal atau maksimal dalam pengambilan sampel dikarenakan pada penelitian ini belum bisa optimal atau maksimal dengan baik dikarenakan kurun waktu pada pengambilan sampel yang hanya membutuhkan 3 kali pertemuan saja. Sedangkan saran untuk hasil riset selanjutnya perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pembelajaran daring masih tetap dilaksanakan dan platform Zoom meeting cloud apakah masih memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran daring.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107589
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository