Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYAH, Lu'luil
dc.date.accessioned2022-06-27T15:13:32Z
dc.date.available2022-06-27T15:13:32Z
dc.date.issued2021-05-07
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107559
dc.description.abstractUsaha Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang besar dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Data dari Kementerian dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) menunjukkan bahwa pada tahun 2018 sektor UMKM menyerap 116.978.631 tenaga kerja atau sekitar 97% dari jumlah tenaga kerja di sektor ekonomi. Dapat disimpulkan bahwa di Indonesia sektor UMKM menyerap tenaga kerja paling banyak dibandingkan sektor lainya. Pengembangan UMKM memerlukan strategi pemasaran yang tepat mengingat usaha kecil semakin bermunculan dari waktu ke waktu. Strategi pemasaran yang tepat dapat membantu UMKM untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah strategi yang dapat mengomunikasikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada konsumennya. Komunikasi pemasaran tersebut dikenal dengan istilah Komunikasi Pemasaran Terpadu. Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan suatu proses komunikasi yang memerlukan perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peran strategis elemen komunikasi pemasaran yaitu: periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada kantor CV. Macarindo Berkah Grup, Outlet Macarina di Jalan Kalimantan dan Outlet Jalan Karimata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang dilakukan oleh CV. Macarindo Berkah Grup Kabupaten Jember dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat dilakukan dengan menggabungkan ke-lima elemen yaitu periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Strategi Komunikasi pemasaran Terpadu dilakukan dengan memberdayakan berbagai media yang dekat dengan target pasarnya. Contohnyen_US
dc.description.sponsorshipDosen pembimbing I : Drs. Joko Widodo, M.M. Dosen Pembimbing II : Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectUsaha Kecil dan Menengah (UMKM)en_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectMedia sosialen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Terpadu CV. Macarindo Berkah Grup Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record