Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu CV. Macarindo Berkah Grup Kabupaten Jember
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang besar dalam
pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Data dari
Kementerian dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) menunjukkan bahwa
pada tahun 2018 sektor UMKM menyerap 116.978.631 tenaga kerja atau sekitar
97% dari jumlah tenaga kerja di sektor ekonomi. Dapat disimpulkan bahwa di
Indonesia sektor UMKM menyerap tenaga kerja paling banyak dibandingkan sektor
lainya.
Pengembangan UMKM memerlukan strategi pemasaran yang tepat
mengingat usaha kecil semakin bermunculan dari waktu ke waktu. Strategi
pemasaran yang tepat dapat membantu UMKM untuk mengenalkan produknya
kepada konsumen. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah strategi yang dapat
mengomunikasikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada
konsumennya. Komunikasi pemasaran tersebut dikenal dengan istilah Komunikasi
Pemasaran Terpadu. Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan suatu proses
komunikasi yang memerlukan perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi
peran strategis elemen komunikasi pemasaran yaitu: periklanan, penjualan
personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian
dilakukan pada kantor CV. Macarindo Berkah Grup, Outlet Macarina di Jalan
Kalimantan dan Outlet Jalan Karimata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang dilakukan oleh CV. Macarindo
Berkah Grup Kabupaten Jember dalam memperkenalkan produknya kepada
masyarakat dilakukan dengan menggabungkan ke-lima elemen yaitu periklanan,
penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran
langsung. Strategi Komunikasi pemasaran Terpadu dilakukan dengan
memberdayakan berbagai media yang dekat dengan target pasarnya. Contohny