Show simple item record

dc.contributor.authorYUDANTO, Muhammad Nafi
dc.date.accessioned2022-06-27T08:36:19Z
dc.date.available2022-06-27T08:36:19Z
dc.date.issued2021-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107557
dc.description.abstractPemerintah terus mengembangkan sistem pelayanan publik agar memudahkan masyarakat. Di era digital saat ini, memkasa pemerintahan harus ikut beradaptasi dalam memberikan pelayanan berbasis elektronik agar pelayanan dapat menjadi lebih efektf dan efisien. BP2D Kota Malang merupakan badan atau organisasi pemerintah yang bertugas untuk mengelola pajak daerah. Kemudahan pelayanan pembayaran dan pelaporan pajak oleh wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya akan mampu membantu pemerintah dalam memenuhi target pendapatan negara dari sektor pajak. Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) Kota Malang merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang berupa aplikasi berbasis teknologi informasi yang diharapkan memudahkan masyarakat atau wajib pajak dalam memenuhi pelayanan perpajakannya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menjadi penting karena ditujukan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tentang elemen kesuksesanegovernment yang terdapat pada SAMPADE Kota Malang. Analisis penelitian didasarkan pada elemen kesuksesan e-government pada program SAMPADE. Menurut hasil kajian dari Harvard JFK School of Government dalam (Indrajit, 2002), untuk menerapkan konsep-konsep digitalisasi pada sektor publik, terdapat tiga elemen sukses yang harus dimiliki dan diperhatikan sungguh-sungguh. Masing-masing elemen sukses tersebut adalah support, capacity dan value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BP2D Kota Malang perlu meningkatkan lagi dari aspek dukungan-dukungan seperti penyediaan payung hukum yang jelas, serta sosialisasi secara menyeluruh. Kemudian dari aspek kapasitas juga perlu ditingkatkan dari segi ketersediaan sumber daya manusia, sumber daya finansial serta infrastruktur yang digunakan, karena proyek e-government tidak akan berjalan dengan baik jika kapasitas penyedia tidak terpenuhi dengan baik. Kemudian dari segi nilai atau manfaat yang didapat dari hadirnya SAMPADE sudah dirasakan oleh beberapa masyarakat yang sudah menggunakan seperti kemudahan-kemudahan berkurangnya biaya transportasi, mengurangi mobilitas, dan sebagainya. Namun sosialisasi perlu ditingkatkan agar SAMPADE dapat menjamah seluruh elemen masyarakat Kota Malang. Kemudian nilai yang didapat oleh BP2D dari adanya SAMPADE ini dirasa belum cukup baik, hal tersebut juga karena BP2D Kota Malang belum pernah melakukan evaluasi secara rutin terhadap SAMPADEen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Abdul Kholiq Azhari, M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Tree Setiawan P., S.A.P.,M.P.Aen_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectE-Governmenten_US
dc.subjectSAMPADE (Sistem Aplikasi Mobile Pajak Daerah)en_US
dc.titleElemen Kesuksesan E-Government Melalui Program SAMPADE (Sistem Aplikasi Mobile Pajak Daerah) Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record