TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN MEMBANDINGKAN ANTARA PERSEPSI DAN HARAPAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSD dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2011
Abstract
Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan merupakan
bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung
penyelenggaraan upaya kesehatan. Setiap upaya kesehatan yang dilakukan oleh
rumah sakit diharapkan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas
guna mencapai derajat kesehatan yang optimal. Pelayanan kesehatan di rumah sakit
pemerintah saat ini menghadapi persaingan yang ketat baik oleh sesama institusi
kesehatan maupun para profesional kesehatan. Agar tetap diakui keberadaannya,
pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Daerah milik pemerintah harus dikelola lebih
profesional dengan meningkatkan mutu pelayanan dan dapat memberikan pelayanan
yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.
Mutu layanan merupakan faktor yang penting yang dapat membentuk
kepercayaan pelanggan atau pasien kepada rumah sakit sehingga tercipta loyalitas
pelanggan atau pasien. Oleh karena itu, rumah sakit sebagai penyelenggara jasa
pelayanan kesehatan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pasiennya.
Kepuasan pelanggan atau pasien merupakan suatu model untuk mendapatkan
pelanggan yang lebih banyak lagi dan untuk mendapatkan pelanggan yaang setia.
Kepuasan pasien rumah sakit terhadap pelayanan yang diberikan ditentukan oleh
perbedaaan antara persepsi terhadap pelayanan yang dirasakan (kenyataan) dan
harapan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang meliputi tangibles, reliability,
responsiveness, assurance, and empathy. Salah satu untuk mengetahui tingkat
kepuasan pada rumah sakit adalah jumlah kunjungan pasien rawat jalan.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]